Walau Bisa Cuti Kampanye, Sandiaga Uno Pilih Mundur dari Jabatan Wagub. Ini Alasannya

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno atau yang akrab dipanggil Sandi memilih untuk mengundurkan diri dari jabatan orang nomor dua di Jakarta karena menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2019.
Muhammad Ridwan | 10 Agustus 2018 17:57 WIB
Sandiaga Uno sesaat setelah memberikan pidato sambutan di kantor KPU, Jakarta, Jumat (10/8) - Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno atau yang akrab dipanggil Sandi memilih untuk mengundurkan diri dari jabatan orang nomor dua di Jakarta karena menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Berdasarkan Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilu, pejabat daerah tidak harus mundur jika memang ingin maju untuk pemilihan presiden.

Sandi menyebutkan dirinya memiliki alasan tersendiri sehingga memilih melakukan pengunduran diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

“Ya saya nanti harus jelasin, sesinya panjang kalau itu, karena ada filosofi-filosofi di balik itu, tapi salah satunya saya gak mau menggunakan fasilitas negara,” ujar Sandi sesaat setelah mendaftarkan diri sebagai calon wakil presiden di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Lebih lanjut, Sandi menginginkan masyarakat melihat keseriusannya sebagai kandidat calon wakil presiden dalam kontestasi pemilihan presiden 2019.

“Karena saya ingin betul-betul rakyat melihat bahwa ada keseriusan dari seorang kandidat, tidak setengah-setengah, tapi all out,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Bisnis, Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Uno akhirnya menandatangani surat pengunduran dirinya dari jabatan Wakil Gubernur DKI.

Terkait hal itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI M. Taufik akan menyerahkan surat pengunduran diri Sandi kepada pihak legislatif.

"Surat pengunduran Pak Sandi bakal saya serahkan ke DPRD DKI siang ini," kata Taufik ketika dihubungi Bisnis, Jumat (10/8/2018).

Tag : sandiaga uno, Pilpres 2019
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top