Gestur Titiek Soeharto-Prabowo Curi Perhatian di KPU

Perulangan kontestasi politik antara capres Joko Widodo (Jokowi) versus Prabowo Subianto kembali terjadi di Pilpres 2019.
John Andhi Oktaveri | 10 Agustus 2018 16:29 WIB
Titiek Soeharto dari Partai Berkarya (mengenakan jaket kuning di kanan) hadir saat Prabowo Subianto mendaftarkan diri sebagai calon presiden di KPU, Jumat (10/8). - JIBI/Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Perulangan kontestasi politik antara capres Joko Widodo (Jokowi) versus Prabowo Subianto kembali terjadi di Pilpres 2019.

Bedanya, hanya pada masing-masing cawapresnya dan pergeseran parpol pendukung. Pasalnya, ada tuntutan dan kepentingan politik yang berbeda dibanding lima tahun lalu.

Kalau dulu Prabowo turut didukung oleh Partai Golkar yang kini beralih menjadi pendukung Jokowi, kali ini mantan Danjen Kopassus itu turut didukung oleh Partai Berkarya yang didirikan oleh mantan kader Golkar sendiri.

Prabowo pun pernah menjadi kader Golkar sebelum mendirikan Partai Gerindra.

Pada Pilpres 2014 Prabowo menggandeng Hatta Rajasa sebagai cawapres dari PAN, Jokowi didampingi oleh Jusuf Kalla yang tidak didukung oleh Golkar, namun dimotori oleh PDIP.

Lalu, perbedaan lainnya adalah kalau pada Pilpres 2019 Jokowi memilih KH Ma’ruf Amin, Prabowo memilih Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai pendampingnya.

Partai Berkarya

Hanya saja, ada ada saja hal menarik yang mampu mencuri perhatian publik pada tahapan pendaftaran pilpres di KPU kali ini. Apalagi, kalau bukan munculnya partai Berkarya yang menjadi pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga setelah PKS, PAN, Gerindra dan Partai Demokrat tercatat sebagai pengusung.

Kehadiran para tokoh Partai Berkarya yang didirikan oleh Tomy Soeharto layak menjadi perhatian publik. Pasalnya, partai yang menampung putra-putri keluarga mendiang Presiden Soeharto itu kini utuh mendukung Prabowo-Sandiaga.

Apalagi, ada Titiek Soeharto yang duduk sebagai Koordinator Komando Daerah Pemilihan (Kodapil) Partai Berkarya.

Dukungan Titiek Soeharto

Titiek tidak lain adalah mantan istri Prabowo yang pada Pilpres 2014 turut mendukung mantan suaminya saat debat capres.

Dalam sabutannya setelah resmi mendaftar, Prabowo pun tidak lupa menyapa Titiek yang turut hadir di gedung KPU bersama Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso. Bahkan, Titiek turut naik panggung bersama Priyo meski berdiri agak berjauhan dengan Prabowo-Sandiaga.

Hanya saja ada peristiwa yang agak ‘mengganggu’ ketika ada sesi bersalaman di antara mereka yang turut naik ke panggung. Tidak saja terlihat agak kaku, Titiek malah lebih memilih langsung turun panggung, tanpa bersalaman dengan sang mantan suami.

Persitiwa tersebut agaknya telah menjadi bagian dari serba-serbi peristiwa politik yang ditandai dengan pendaftaran pasangan capres ke KPU hari ini.

 

Tag : Pilpres 2019
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top