Peringati Hari Masyarakat Adat Sedunia, AMANapps Diluncurkan

AMAN) meluncurkan AMANapps bersamaan dengan peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia.
Eva Rianti | 09 Agustus 2018 18:58 WIB
Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Aferi S. Fudail (kelima dari kiri), Sekretaris Jenderal AMAN Rukka Sombolinggi (keenam dari kiri) konferensi pers Peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia di Jakarta, Kamis (9/8/2018), serta sejumlah tokod ata dari berbagai daerah. - Bisnis.com/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) meluncurkan AMANapps bersamaan dengan peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia (Himas) yang jatuh setiap 9 Agustus.

Sekjen AMAN Rukka Sombolinggi menuturkan aplikasi ini dihadirkan sebagai portal media sosial isu masyarakat adat yang dapat diakses oleh publik secara luas melalui smartphone.

“Malam nanti kami luncurkan media sosial AMAN. Ini menjadi media untuk mengontrol kondisi dan perkembangan masyarakat adat,” ujarnya dalam konferensi pers Peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia di Jakarta pada Kamis (9/8/2018).

Kehadiran aplikasi ini seiring dengan banyaknya jumlah anggota AMAN sekaligus upaya mengikuti perkembangan zaman.

Aliansi ini beranggotakan 2.373 komunitas adat dengan menghimpun lebih dari 18 juta individu masyarakat adat dari berbagai daerah.

Pada momen peringatan Himas 2018, kata Rukka, AMAN juga meluncurkan peta wilayah adat yang dibuat melalui pemetaan partisipatif bernama “Satu Peta Rakyat Indonesia”.

Tag : masyarakat adat
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top