Menlu Bertolak ke Singapura Hadiri Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi direncanakan akan menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN yang akan diselenggarakan pada 31 Juli sampai 4 Agustus 2018.
Muhammad Ridwan | 31 Juli 2018 17:12 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi - Bisnis / David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi direncanakan akan menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN yang akan diselenggarakan pada  31 Juli sampai 4 Agustus 2018.

Menteri Retno bertolak ke Singapura siang ini, Selasa (31/7/2018), untuk menghadiri serangkaian pertemuan-pertemuan ke51 antar Menteri Luar Negeri ASEAN dan Post Ministerial Conference ke-19.

Menlu Retno akan menghadiri 19 rangkaian pertemuan, dan dijadwalkan juga akan  melakukan sekitar 12 pertemuan bilateral.

Dalam kunjungannya, Menteri Retno dalam Pertemuan ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN pada tingkat Menteri Luar Negeri tersebut akan membahas mengenai Review of Cooperation and Future Direction ASEAN serta Exchange of Views on International and Regional Issues.

Adapun isu yang dibahas Menteri Retno dalam kunjungannya, yaitu yang menjadi perhatian Indonesia antara lain mengenai Indo-Pasifik, kerja sama penanggulangan terorisme, pemajuan perundingan.

Sementara itu, setelah kunjungannya ke Singapura selesai, Menlu Retno akan kembali ke Indonesia pada  4 Agustus mendatang.

Pada hari yang sama, Menlu Retno dijadwalkan menerima Menlu AS Michael R Pompeo di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri.

Kunjungan Menlu Pompeo untuk membahas beberapa isu yang akan menjadi perhatian kedua Menlu antara tindak lanjut Strategic Partnership RI-AS dan berbagai isu global serta regional yang menjadi perhatian kedua negara. Indonesia dan Amerika Serikat akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada  2019.

Tag : asean
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top