Tari Tradisional Indonesia Pukau Pengunjung Asian Weekend di Slowakia

Penampilan Indonesia mendapatkan sambutan meriah dari pengunjung Asian Weekend yang digelar pada tanggal 27-28 Juli 2018 di panggung utama main square kota Bratislava, Slowakia, demikian dilansir siaran pers KBRI Bratislava, Senin (30/07/2018).
Andhina Wulandari | 31 Juli 2018 01:21 WIB
Tarian tradisional Indonesia di Slowakia - Istimewa

Bisnis.com, BRATISLAVA - Penampilan Indonesia mendapatkan sambutan meriah dari pengunjung Asian Weekend yang digelar pada tanggal 27-28 Juli 2018 di panggung utama main square kota Bratislava, Slowakia, demikian dilansir siaran pers KBRI Bratislava, Senin (30/07/2018).

Booth Indonesia pun tampak selalu dipadati oleh pengunjung selama dua hari pameran tersebut. Setidaknya 5.000 orang setiap harinya mengunjungi acara Asian Weekend sebagai rangkaian acara Bratislava Cultural Summer Festival yang digelar selama musim panas di berbagai pusat keramaian di Bratislava.

Lenggak-lenggok Lenggang Nyai, kekompakan tari Badinding, rampak Rebana, joget Lengger Pantura, tari Cendrawasih yang lincah, dan permainan musik angklung menjadi daya tarik bagi penonton melihat pertunjukan di panggung utama. Flash mob Poco-poco turut menjadi ajang pamungkas pertunjukan Indonesia di Asian Weekend yang berlangsung hingga pukul 10 malam.

Indonesia juga menampilkan keragaman busana etnik dengan menggelar fashion show yang menampilkan batik, sulaman Padang, dan Bali yang dibawakan oleh model-model asal Slowakia.

Pada layar besar di panggung utama juga ditayangkan promosi mengenai destinasi Indonesia yang diberikan sub-title bahasa Slowakia.

Sementara, di panggung lainnya, ada demo cara memasak mie goreng dan nasi goreng. Antrean pengunjung terlihat di booth Indonesia untuk dapat mencicipi makanan tersebut serta sajian minuman khas Indonesia seperti es teler, es kopi, dan es teh manis.

Selain itu, di booth Indonesia, pengunjung dapat mencoba alat musik gamelan, angklung, dan suling bambu yang disiapkan. Pengunjung terlihat antusias mencoba berbagai alat musik tradisional dan menanyakan destinasi menarik di Indonesia, serta mengisi kuesioner tentang Indonesia yang disiapkan oleh KBRI Bratislava.

“Ini merupakan untuk pertama kalinya enam dubes Asia di Slowakia dalam satu kesempatan berpartisipasi pada acara Bratislava Cultural Summer Festival dengan tajuk Asian Weekend,” ujar Duta Besar RI untuk Slowakia Adiyatwidi Adiwoso dalam sambutannya mewakili lima dubes lainnya, yaitu Cina, India, Jepang, Korea, dan Vietnam.

Keikutsertaan enam negara Asia ini, lanjutnya, mempresentasikan 3.4 miliar atau 44 persen penduduk di dunia. Adiyatwidi juga mengucapkan terima kasih kepada Bratislava Cultural and Information Center yang menyambut positif inisiatif kegiatan ini. Harapannya, melalui kegiatan ini akan mendekatkan hubungan bangsa antara Asia dan Slowakia.

Asian Weekend dibuka dengan pemukulan gong Bali oleh State Secretary Kementerian Luar Negeri Slowakia, Lukas Parizek.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan apresiasi atas inisiatif penyelenggaraan Asian Weekend yang pertama kalinya diadakan di Slowakia oleh 6 (enam) negara Asia dan Bratislava Cultural and Information Center.

“Kegiatan ini bersamaan dengan perayaan berdirinya 25 tahun Slowakia dan 25 tahun hubungan diplomatik antara Slowakia dengan ke-6 negara Asia,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa seni budaya yang ditampilkan oleh ke-6 negara itu di jantung Eropa, Slowakia, telah menghilangkan batas jarak dan waktu. Menurutnya, seni merupakan mekanisme dalam komunikasi dan menjadi jalan untuk saling mengerti antara satu dengan yang lain. Ke-6 negara Asia yang terlibat merupakan negara dengan jumlah penduduk yang besar dan beberapa di antaranya terdepan di bidang teknologi. Untuk itu, jika Slowakia ingin maju dan berkembang maka Slowakia harus mengenal ke-6 negara tersebut dan budayanya.

Penyelenggaraan Asian Weekend juga dimanfaatkan oleh KBRI Bratislava untuk mempromosikan kegiatan Asian Games di Jakarta dan Palembang, dengan menempatkan banner Asian Games di depan panggung utama dan informasi terkait di booth Indonesia.

Acara Asian Weekend mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari pejabat pemerintahan dan kalangan diplomatik. Hal ini terlihat dari kehadiran 10 dubes dari negara Eropa dan kalangan pejabat diplomatik lainnya, Direktur Asia dan Pasifik Kemlu Slowakia, Direktur Diplomasi Budaya Kemlu Slowakia, anggota Parlemen, wakil walikota Bratislava, dan mantan Menlu Slowakia.(k15)

Tag : pameran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top