Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilpres 2019: Ustadz Abdul Somad Tolak Jadi Cawapres?

Ustadz Abdul Somad menyiratkan penolakannya maju sebagai calon Wakil Presiden RI dan menyatakan keinginannya untuk fokus di bidang pendidikan dan dakwah.
Ustad Abdul Somad/youtube
Ustad Abdul Somad/youtube

Kabar24. com, JAKARTA- Ustadz Abdul Somad menyiratkan penolakannya maju sebagai calon Wakil Presiden RI dan menyatakan keinginannya untuk fokus di bidang pendidikan dan dakwah.

Penolakan tersirat itu disampaikan Abdul Somad melalui akun Instagram terverifikasi miliknya @ustadzabdulsomad, seperti dilansir dari Antara. 

Nama Abdul Somad direkomendasikan Forum Ijtima Ulama untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Selain Abdul Somad, Forum Ijtima Ulama juga merekomendasikan nama Salim Segaf Al Jufri.

Dalam akunnya Abdul Somad mengunggah foto Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan politisi senior PKS Salim Segaf Al Jufri. Dalam keterangan foto yang diunggah itu, Abdul Somad menuliskan pesan sebagai berikut:

"Selamat! Ternyata kerumunan sudah berubah menjadi barisan kekuatan.

Prabowo-Habib Salim pasangan tawazun (seimbang) antara ketegasan tentara dan kelembutan Ulama, Jawa non-Jawa, nasionalis-religius, plus barokah darah Nabi dalam diri Habib Salim.

Biarlah saya jadi suluh di tengah kelam, setetes embun di tengah sahara. Tak sungkan berbisik ke Habib Salim, tak segan bersalam ke Jenderal Prabowo.

Setelah Sayyidina Umar bin Khattab wafat, sebagian Sahabat ingin membaiat Abdullah -anak Sayyidina Umar- sebagai pengganti. Beliau menolak lembut, karena bidang pengabdian ada banyak pintu.
Fokus di pendidikan dan dakwah.

Al-Faqiir Ilaa Rabbih, Abdul Somad"

Sebelumnya, dikabarkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berencana menemui Ustad Abdul Somad selaku figur bakal calon Wakil Presiden yang diusulkan Forum Ijtima Ulama, untuk bertukar pandangan mengenai situasi kebangsaan.

"Kita ingin bertemu dengan beliau supaya kenal dong, kan ini direkomendasikan. Jadi kalo misalnya besok pak Ustad Abdul Somad bisa ya kita ingin silaturahim dulu, mendengarkan pandangan-pandangannya seperti apa, pemikiran-pemikiran seperti apa," ujar Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon di Jakarta, Selasa.

Forum Ijtima Ulama sendirio merekomendasikan dua figur cawapres pendamping Prabowo yakni Al Habib Salim Segaf Al-Jufri serta Ustad Abdul Somad Batubara.

Fadli mengatakan bahwa apabila calon usulan Forum Ijtima Ulama dapat disepakati partai koalisi, maka terbuka lebar bagi Salim Segaf maupun Abdul Somad untuk disepakati sebagai cawapres.

"Ini mekanisme partai, karena memang partai politik lah yang mencalonkan Presiden dan Wakil Presiden," jelasnya.

Fadli mengatakan meskipun dua nama cawapres yang diusulkan ulama itu tidak masuk dalam survei namun tetap akan dipertimbangkan.

"Kita kan ingin mencari calon yang juga terkuat, yang bisa memperkuat elektabilitas konfigurasi. Ya kita cari 'the dream team' lah," jelasnya.

Adapun terkait pertemuan Prabowo dengan Abdul Somad, belum diketahui pasti jadwal serta lokasi pertemuan tersebut. Fadli Zon mengatakan kemungkinan besar pertemuan dilakukan Selasa (31/7).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper