Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei DMI: Pemuda Muslim Indonesia Berharap Lima Kegiatan ini Diadakan di Masjid

Ada 5 kegiatan yang diharapkan para pemuda muslim untuk dilaksanakan para pengelola Masjid yang didapatkan dari hasil survei Dewan Masjid Indonesia bekerjasama dengan Merial Institute.
Ilustrasi/Antara-Wahyu Putro
Ilustrasi/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Masjid Indonesia bekerjasama dengan Merial Institute memaparkan survei ada lima kegiatan yang diharapkan para pemuda muslim untuk dilaksanakan para pengelola masjid.

"Pertama, sebanyak 96% responden menganggap perlu dilakukan kegiatan pengajian, zikir dan tabligh Akbar di Masjid," ungkap Danial Iskandar, peneliti dari Merial Institute saat menyampaikan Survei Persepsi dan Aspirasi Generasi Muda Terhadap Masjid, di Kantor PP DMI, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (27/7).

Kedua, 95% responden menganggap perlu diadakan kegiatan pendidikan di Masjid seperti kursus dakwah, pelatihan imam, dan pesantren kilat.

Ketiga, sebanyak 73,9% responden mengatakan bahwa sangat perlu diadakan kegiatan usaha di Masjid baik dalam bentuk koperasi, mini market ataupun warung.

"Keempat, 67,3% responden merasa perlu diadakan kegiatan olahraga dan kebugaran di Masjid," tutur Danial.

Terakhir, sebanyak 68,9% responden merasa perlu diadakannya kegiatan dan penyuluhan kesehatan di Masjid.

Data Survei ini didapatkan oleh Departemen Kaderisasi Pemuda PP DMI bekerjasama dengan Merial Institute. Survei dilaksanakan selama 5 hari mulai 17-21 Juli 2018 dan mendapatkan 888 responden yang berdomisili di 12 Kota Besar Indonesia yakni; Kota Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan dan Palembang.

Pengumpulan data menggunakan pengisian kuesioner pada platform online Google Forms. Responden yang terhimpun adalah warga negara Indonesia beragama Islam berusia 16-30 tahun sesuai dengan Undang-undang No.40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper