Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alat Temuan Mahasiswa Ini Bakal Bikin Malu Pelanggar Marka Jalan

Alat yang dilengkapi kamera CCTV itu dapat memberi peringatan secara otomatis kepada pelanggar marka jalan di lampu bangjo.

Bisnis.com, SLEMAN – Sejumlah mahasiswa kreatif dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) berhasil membuat alat pendeteksi bagi pelanggar marka jalan. Alat yang dilengkapi kamera CCTV itu dapat memberi peringatan secara otomatis kepada pelanggar marka jalan di lampu bangjo / lampu lalu lintas.

Mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemenristekdikti ini antara lain, Arriski Karindra, Dedy Ariyanto, Rizki Ismail, Dimas Sapri Nugroho dan Rickey Herlambang. Tim ini mengangkat judul Sistem Peringatan Pelanggar Marka Jakan Otomatis Pada Traffic Light di DIY.

Arriski Karindra menjelaskan, komponen yang digunakan dalam alat temuannya terdiri atas, kamera CCTV, Raspberry atau mikro komputer, speaker dan amplifier. Jika CCTV di pasang di atas jalan raya, maka tiga komponen lainnya bisa ditempatkan dalam satu titik. Alat itu bisa memberi peringatan secara otomatis kepada pelanggar marka jalan di lampu bangjo.

"Fokus penggunaan pada marka jalan di lampu bangjo yang belok kiri jalan terus. Karena biasanya, banyak pengendara yang sebenarnya dia akan berjalan lurus di persimpangan tetapi di berhenti melanggar marka dan mengambil hak pengendara yang akan berbelok dan ini menjadi masalah kemacetan di Jogja," ungkapnya, Rabu (18/7/2018).

Dimas Sapri Nugroho menambahkan, cara kerja sistem itu dari kamera yang menangkap gambar atau citera pada titik di luar garis marka jalan. Hasil tangkapan kamera akan diproses di raspberry mikro komputer kemudian raspberry memberikan perintah berupa output untuk menampilkan suara pada speaker. Suara itu berisi peringatan bahwa ada pengendara yang melanggar marka jalan.

"Kalau integrasi dengan lampu bangjo, ketika menyala merah, dia akan memberikan input sinyal menandakan kalau kamera harus siap-siap baru nanti bekerja. Jadi dia [kamera] merekam ketika ada objek yang terbaca," imbuhnya.

Risky Ismail mengatakan, jika dipantau melalui kamera akan terlihat garis virtual, pengendara yang berada di garis virtual tersebut, berarti berada di luar marka atau melakukan pelanggaran.

Adapun proses peringatan itu disetting dalam waktu lima detik baru akan mengeluarkan suara peringatan. Tim ini sengaja memberikan jeda lima menit setelah pengendara berhenti di luar garis marka sebagai tanda bahwa, saat itu pengendara sedang berhenti menunggu lampu menyala hijau.

"Kalau tidak diberikan jeda, nanti saat ada yang berjalan melintas sedetik saja dia tidak bermaksud berhenti speakernya bisa bunyi terus memperingatkan pelanggaran. Makanya kami jeda lima detik, karena pengendara yang mau belok kiri jalan terus itu pasti ada tertangkap kamera juga," jelasnya.

Dedy Ariyanto mengatakan, biaya pembuatan alat tersebut menghabiskan dana sekitar Rp5 juta, namun jika diproduksi dalam jumlah banyak akan lebih murah.

Berdasarkan risetnya, belum ada yang menerapkan alat tersebut terutama di DIY. Ia menemukan ada di Jawa Timur namun tidak otomatis, melainkan petugas yang mengingatkan pengendara secara live dari pantauan CCTV.

"Prinsip kerja alat ini menggunakan cara image processing dengan cara mendeteksi garis dan warna. Warna yang terdeteksi adalah warna putih selain dari putih tidak akan terdeteksi karena garis marka di Indonesia menggunakan warna putih," ungkapnya.

Rickey Herlambang berharap, hasil rakitannya bersama tim yang didampingi dosen pembimbing itu bisa memberikan manfaat dan dapat mengurangi kemacetan. "Karena ada peringatan suara, paling tidak pengendara akan malu jika melanggar marka," kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sunartono
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper