Indonesia Dorong India dan Negara-Negara Asean Perkuat Kerja Sama Kemaritiman

Indonesia terus menyerukan penguatan kerja sama kemaritiman antara negara-negara Asean dan India.
David Eka Issetiabudi | 20 Juli 2018 11:37 WIB
Samudra Pasifik - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia terus menyerukan penguatan kerja sama kemaritiman antara negara-negara Asean dan India.

Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fathir mengatakan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik sudah menjadi keunggulan geografis yang menghubungkan, menyatukan, sekaligus menguntungkan India dan negara-negara Asean.

 “Bagi negara-negara Asean dan India, kerja sama maritim bukan lagi menjadi pilihan, melainkan suatu keharusan,” katanya dalam keterangan pers, Jumat (20/7/2018).

Menurutnya, India dan Asean perlu meningkatkan kerja sama maritim, utamanya dalam bidang keamanan, ekonomi maritim, serta perlindungan dan pelestarian lingkungan termasuk di dalamnya mengatasi sampah plastik di laut.

Fathir menekankan berbagai potensi dan keunggulan Asean dan India, termasuk pertumbuhan ekonomi yang tinggi di atas rata-rata dunia. Atas potensi tersebut, wajar jika India dan Asean mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di kedua samudra, yang sekarang semakin dikenal sebagai kawasan Indo-Pasifik.

Indonesia optimistis adanya pengembangan infrastruktur dan transportasi maritim sangat vital dalam mendorong peningkatan investasi dan perdagangan. Pada kesempatan tersebut, Fathir juga mengundang India dan negara-negara Asean lainnya untuk berinvestasi pada proyek infrastruktur maritim di Indonesia.

Tag : maritim, indo-pasifik
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top