Hanya PPB yang Status Pengajuan Daftar Bacalegnya belum Diterima

Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini sedang melakukan pengecekan berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPR.
Jaffry Prabu Prakoso | 18 Juli 2018 20:46 WIB
Ketua KPU Arief Budiman (tengah) saat memaparkan informasi terbaru soal pendaftaran bakal calon legislatif DPR di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (18/7/2018). - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini sedang melakukan pengecekan berkas bakal calon legislatif (bacaleg) DPR.  

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan dari 16 partai yang mendaftar, hanya Partai Bulan Bintang (PBB) yang status pengajuan berkasnya yang belum diterima.

"Status pengajuan [PBB]masih proses penelitian syarat pengajuan calon," katanya Kantor KPU, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Arief menjelaskan status bacaleg yang diajukan 15 partai lain sudah diterima berdasarkan hasil pemeriksaan hingga sore tadi.

KPU mencatat dari sistem informasi pencalonan (silon), PBB menyerahkan 415 bacaleg yang terdiri atas 243 laki-laki dan 172 perempuan untuk 80 daerah pemilihan.

Data yang didapat ini, tambah Arief, bukan yang berdasarkan penyerahan berkas melalui luring (hard copy) karena ada kemungkinan parpol lain yang belum mendaftarkan nama melalui silon.

“Kami minta untuk parpol untuk nama-nama calon yang di hardcopy tapi belum di-input ke silon kita agar segera di-input,” tambahnya.

Setelah pendaftaran ditutup proses yang dilakukan selanjutnya adalah pemeriksaan berkas hingga hari ini.

Pada 19-21 Juli KPU akan menyerahkan perbaikan berkas dan parpol memiliki waktu sepekan untuk menyerahkan pembaruan.

Tag : caleg, Pemilu 2019
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top