Jokowi Undang Dua Presiden Korea Hadiri Asian Games 2018

Presiden Joko Widodo sudah menandatangani surat undangan bagi Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Republik Korea Utara Kim Jong-un untuk menghadiri gelaran Asian Games 2018.
Amanda Kusumawardhani | 17 Juli 2018 17:45 WIB
Presiden Joko Widodo saat meninjau venue Asian Games di Jakarta, Senin (25/6/2018) - Bisnis/Amanda K. Wardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo sudah menandatangani surat undangan bagi Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Republik Korea Utara Kim Jong-un untuk menghadiri gelaran Asian Games 2018.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan surat undangan tersebut sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi. Untuk selanjutnya, Presiden akan menunjuk menteri senior untuk menyampaikan undangan tersebut secara langsung ke Korea Selatan dan Korea Utara.

“Kenapa hal ini dilakukan, karena proses reunifikasi [sedang dilakukan] dan sekarang ini utara dan selatan bersepakat menjadi satu kontingen di forum. Ini menjadi etalase dunia bahwa Asian Games 2018, mempersatukan perdamaian dunia,” ujarnya di Jakarta, Selasa (17/7).

Sebelumnya, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-boem dan Duta Besar Korea Utara untuk Indonesia An Kwang-il sempat menemui Presiden Jokowi pada Senin (20/4) untuk membicarakan mengenai partisipasi kedua negara ini dalam Asian Games 2018.

Untuk menindaklanjuti terkait persoalan keamanan menjelang pagelaran Asian Games 2018, Pramono menjelaskan menteri dan pimpinan lembaga terkait sudah memberikan laporannya bahwa pihak keamanan sudah sangat siap.

“Sekarang tinggal penyelesaian infrastruktur di beberapa tempat, teruatam di dalam stadion dan pedestrian. Mudah-mudahan tanggal 22 Juli bisa diselesaikan,” tambahnya.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top