Telkom dan Lemhannas RI Terima Penghargaan Inovasi Tingkat Dunia

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) memenangkan penghargaan Esri Special Achievement in GIS (SAG) Award.
Mia Chitra Dinisari | 16 Juli 2018 16:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) memenangkan penghargaan Esri Special Achievement in GIS (SAG) Award. 

Penghargaan ini merupakan anugerah kepada instansi yang sudah memanfaatkan teknologi Geographic Information System (GIS) secara kreatif dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Jack Dangermond, Pendiri dan Presiden Esri, perusahaan raksasa dunia yang bergerak dibidang pemetaan, menyuarakan pujiannya kepada Telkom dan Lemhannas RI pada event geospasial terbesar di dunia, 2018 Esri International User Conference, di San Diego, Amerika Serikat. Dua organisasi ini dianggap berhasil mendemonstrasikan visi yang menghasilkan bentuk kepemimpinan nyata yang membawa manfaat bagi masyarakat.

CEO Esri Indonesia, Dr. A. Istamar, mengatakan pencapaian luar biasa dua organisasi ini akan menginspirasi banyak pihak di seluruh dunia dan memacu mereka untuk memanfaatkan teknologi GIS dalam rangka menguatkan kegiatan operasional mereka.

“Penghargaan ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia terus membuktikan kemampuannya sebagai pusat inovasi teknologi tingkat dunia untuk pengembangan augmented reality, dan juga big data,” ujar Dr. A. Istamar dalam siaran persnya. 

“Telkom Indonesia dan Lemhannas menjadi panutan tingkat global berkat pemanfaatan Geographic Information System secara inovatif dalam mengolah big data. Kami bangga karena dapat mendukung mereka dalam perjalanan ini.

“Pendekatan inovatif yang dilakukan Telkom dengan teknologi GIS untuk meningkatkan basis pelanggan mereka di tengah persaingan pasar yang sangat ketat di Indonesia akan menjadi blueprint bagi perusahaan-perusahaan telekomunikasi utama di dunia.

“Demikian pula dengan Lemhannas RI. Lembaga ini menggunakan pemodelan prediktif dinamis dengan memanfaatkan big data dari seluruh Indonesia yang dikembangkan secara spasial. Inovasi ini membantu para pembuat keputusan mengembangkan dan mensimulasikan dampak yang dapat timbul dengan menggunakan skenario if/then.” jelasnya. 

 

Tag : telkom
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top