Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korban Banjir dalam Gua di Thailand Sudah Bisa Pulang

12 laki-laki Thailand beserta pelatih sepak bola mereka yang diselamatkan dari banjir di gua Thailand sudah pulih dan segera dipulangkan dari rumah sakit pekan depan, Menteri Kesehatan Thailand Piyasakol Sakolsatayadorn mengatakan pada Sabtu (14/7/2018) waktu setempat.
Ambulan terakhir yang meninggalkan kompleks gua Tham Luang  di utara Provinsi  Chiang Rai, Thailand, Selasa (10/7/2018)/Reuters
Ambulan terakhir yang meninggalkan kompleks gua Tham Luang di utara Provinsi Chiang Rai, Thailand, Selasa (10/7/2018)/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - 12 laki-laki Thailand beserta pelatih sepak bola mereka yang diselamatkan dari banjir di gua Thailand sudah pulih dan segera dipulangkan dari rumah sakit pekan depan, Menteri Kesehatan Thailand Piyasakol Sakolsatayadorn mengatakan pada Sabtu (14/7/2018) waktu setempat.

Yang terakhir dari 12 anggota tim sepak bola "Wild Boars" dan pelatih mereka dibawa keluar dari gua Tham Luang, dekat perbatasan dengan Myanmar, Selasa malam, dengan aman mengakhiri penyelamatan mencekam dan membawa kelegaan dan sukacita internasional.

Anak-anak dan pelatih mereka telah dirawat di rumah sakit sejak saat itu.

Dalam sebuah video yang diputar di konferensi pers, mereka tampak baik, duduk di tempat tidur, dan berterima kasih kepada penyelamat mereka.

“Saya dalam keadaan sehat sekarang,” kata salah seorang anak laki-laki, Nick yang berusia 14 tahun.

"Terima kasih sudah menyelamatkan saya," imbuhnya.

Anak-anak lelaki, yang berusia 11 hingga 16 tahun, dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun telah merencanakan untuk menjelajahi kompleks gua tersebut selama sekitar satu jam setelah latihan sepakbola 23 Juni 2018.

Namun hujan membanjiri terowongan dan menjebak mereka.

Dua penyelam Inggris menemukan mereka pada 2 Juli, berjongkok di atas gundukan di ruang banjir beberapa kilometer di dalam kompleks.

Lalu masalah berikutnya bagaimana mengembalikan mereka melalui terowongan yang sebagian penuh dengan air banjir yang mengalir deras.

Ke-13 orang itu dibawa ke tempat yang aman selama tiga hari penyelamatan, yang diselenggarakan oleh SEAL angkatan laut Thailand dan tim internasional ahli menyelam gua.

Piyasakol mengatakan kepada wartawan kesehatan dari ke-13 jiwa itu telah membaik. Beberapa terkena pneumonia ketika mereka dibawa keluar dari gua tetapi sudah pulih.

"Semua akan dipulangkan dari rumah sakit di kota utara Chiang Rai pada Kamis," katanya.

CRISPY PORK

Beberapa orang dari mereka dari telah kehilangan berat badan sebesar 5 kg dan telah mendapatkan kembali sebagian berat badannya, dan selera makan mereka, di rumah sakit.

“Saya ingin memiliki nasi babi renyah dan daging babi panggang,” Pipat Photi, 15 tahun, mengatakan dalam video itu.

“Saya ingin nasi kacang babi," kata Duangpetch Promtep, 13 tahun.

"Terima kasih atas semua atas dukungan moralnya," tambahnya.

Yang lain mengatakan mereka menginginkan sushi.

Sementara kelompok itu kembali sehat, mereka masih menghadapi tantangan.

Salah satu perhatiannya adalah bagaimana mereka akan menangani ketenaran, mengingat perhatian besar, baik dari dalam Thailand dan sekitarnya, pada kasus ini.

Kisah ini sudah diatur untuk diceritakan kembali oleh Hollywood, dengan dua perusahaan produksi tengah melakukan riset film tentang anak-anak dan penyelamatan mereka.

"Kami perlu mempersiapkan anak-anak dan keluarga mereka untuk perhatian yang akan mereka terima ketika mereka keluar," kata Piyasakol.

Dia memperingatkan kerabat dari anak laki-laki untuk menolak memberikan wawancara kepada media karena khawatir mereka bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan mental mereka.

“Semua orang bekerja sama dengan baik untuk membawa anak-anak keluar. Kami bekerja sama dengan baik saat itu dan kami harus bekerja sama dengan baik sekarang sehingga anak-anak dapat pulih secara fisik dan mental saat mereka tumbuh besar, ”kata Piyasakol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper