UM-PTKIN 2018: Begini Cara Cek Kelulusan di http://pengumuman.um-ptkin.ac.id

Anda yang mencoba peruntungan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, hari ini (10/7/2018) dapat mengakses pengumuman hasil Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Tepatnya pengumuman dilakukan pada pukul 10.00 WIB melalui laman http://pengumuman.um-ptkin.ac.id.
Yusran Yunus | 10 Juli 2018 11:10 WIB
Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan. - JIBI/Nurudin Abdullah

Bisnis.com, JAKARTA - Anda yang mencoba peruntungan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, hari ini, Selasa (10/7/2018) dapat mengakses pengumuman hasil Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Tepatnya pengumuman dilakukan pada pukul 10.00 WIB melalui laman http://pengumuman.um-ptkin.ac.id.

Pihak panitia nasional UM-PTKIN menyebut  telah terdaftar sebanyak 103.444 pendaftar dengan jumlah program studi (Prodi) sebanyak 1.155 Prodi, yang tersebar pada 58 PTKIN se-Indonesia.

Mereka yang mendaftar adalah siswa lulusan  tahun 2016, 2017 dan 2018 dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/ Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI.

Lulusan tahun 2016 dan 2017 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2018 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.

Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 bagian yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPA, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPS dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan Campuran (IPA dan IPS).

Adapun tipe ujian terdiri dari 2 tipe yakni pertama, Paper Based Test (PBT) , yaitu ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Kedua, Computer Based Test (CBT) adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas.

Untuk mengetahui status kelulusan, caranya cukup mudah: silakan masuk ke laman  http://pengumuman.um-ptkin.ac.id. Lalu ketik nomor ujian dengan benar, kemudian klik proses.

Tag : perguruan tinggi islam
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top