Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Denuklirisasi Korut, Pompeo Dituduh Gunakan Diplomasi 'Gangster'

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menepis tuduhan Korea Utara bahwa ia menggunakan diplomasi gangster dalam perundingan di Pyongyang.
Mike Pompeo/reuters
Mike Pompeo/reuters

BIsnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menepis tuduhan Korea Utara bahwa ia menggunakan diplomasi "gangster" dalam perundingan di Pyongyang.

Setelah bertemu menteri luar negeri Jepang dan Korea Selatan pada Minggu (8/7/2018) di Tokyo, Pompeo mengatakan bahwa ia akan tetap mengejar pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara.

Pompeo mengatakan masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi dia yakin pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan tetap berpegang pada komitmen untuk menanggalkan senjata nuklir yang dia buat dalam KTT dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura bulan lalu.

"Ketika kami berbicara kepada mereka tentang denuklirisasi, mereka tidak mendorong kembali," kata Pompeo pada konferensi pers setelah dua hari perundingan di Pyongyang yang berakhir pada hari Sabtu, seperti dikutip Reuters.

"Jalan di depan akan sulit dan menantang dan kami tahu bahwa kritik akan mencoba untuk meminimalkan pekerjaan yang telah kami capai," lanjutnya.

Sejumlah senator AS menyatakan keprihatinan tentang kata-kata kasar Korea Utara dan mendesak pemerintahan Trump untuk tetap menekan Pyongyang. Senator Republik dan anggota Komite Angkatan Bersenjata, Joni Ernst, mengatakan latihan militer bersama dengan Korea Selatan yang ditangguhkan untuk menunjukkan niat baik terhadap Korea Utara harus dilanjutkan "segera" jika pembicaraan terhambat.

Pompeo mengatakan bahwa sementara ia melihat kemajuan di Pyongyang, AS tidak melonggarkan sanksi saat ini atau mengubah komitmen "ketat" untuk membela sekutu Korea Selatan dan Jepang.

Pompeo berbicara setelah Korea Utara mengatakan pembicaraan itu "membawa kita dalam situasi berbahaya yang dapat mengguncang keinginan keinginan tak tergoyahkan untuk denuklirisasi, daripada mengkonsolidasikan kepercayaan."

Pernyataan itu disampaikan oleh kantor berita resmi KCNA pada hari Sabtu segera setelah Pompeo meninggalkan Pyongyang, yang menimbulkan pertanyaan tentang masa depan perundingan di mana dia berusaha membujuk Korea Utara agar menghentikan program senjata nuklir yang mengancam AS.

"Itu penghinaan yang cukup serius terhadap Pompeo," kata Christopher Hill, yang sebelumnya menjabat sebagai duta besar AS untuk Korea Selatan dan memimpin negosiator dengan Korea Utara.

Komentar terbaru Korea Utara tersebut menjadi pengingat terhadap kesulitan yang dihadapi pemerintah AS sebelumnya dalam bernegosiasi dengan negara tersebut.

"Saya pikir itu adalah awal yang sangat buruk untuk prosesnya, tetapi itu tidak berarti kesepakatan telah berakhir," kata Hill.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper