Prabowo Akan Gugat Hasil Pilkada di Jabar, Jateng, dan Jatim, Ini Alasannya

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan akan menggugat hasil pilkada di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
JIBI | 08 Juli 2018 07:07 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan salam kepada Ketua MPR yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebelum melakukan pertemuan tertutup di Jakarta, Senin (25/6/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan akan menggugat hasil pilkada di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dia mengaku, mendapat laporan dugaan kecurangan pelaksanaan pilkada di tiga daerah itu.

"Kami siap mengambil langkah-langkah untuk menggugat seandainya pengumuman menyatakan calon-calon kami kalah," kata Prabowo di rumahnya, di Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 7 Juli 2018 seperti dikutip Tempo.co. 

Partai Gerindra berkoalisi dengan sejumlah partai mendukung tiga pasangan calon di tiga daerah tersebut. Di Jawa Barat, Gerindra mengusung Sudrajat-Ahmad Syaikhu, di Jawa Tengah mengusung Sudirman Said-Ida Fauziyah dan di Jawa Timur mendukung Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Menurut hasil hitung cepat semua lembaga, seluruh paslon yang diusung Gerindra itu kalah.

Prabowo mengatakan para calonnya melaporkan adanya dugaan kecurangan dalam Pilkada di tiga daerah itu. Dia mengatakan Sudrajat melaporkan dugaan ketidakjelasan daftar pemilih tetap (DPT) dan intervensi dari kalangan tertentu di pilkada Jawa Barat.

Sudirman Said, kata dia, malaporkan adanya kejanggalan 3,7 juta DPT di daerahnya. Begitupun Saifullah juga melaporkan dugaan kecurangan Pilkada Jawa Timur.

Prabowo mengatakan telah menyiapkan langkah untuk meneliti dugaan kecurangan itu. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan sudah menyiapkan tim hukum untuk mengurus laporan tersebut.

Dia mengatakan akan melakukan gugatan dengan mengutamakan kedamaian dan kesejukan. "Tapi juga dengan ketegasan, kami tidak mau terus-menerus dipermainkan," ujar Prabowo.

 

Sumber : Tempo

Tag : Pilkada Serentak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top