Bursa Cawapres Jokowi: Nama Mahfud M.D. Mulai Mencuat

Setelah nama Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto dari unsur parpol mencuat sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi, kini nama Mahfud MD santer disebut-sebut sebagai tokoh paling layak untuk digandeng sebagai Cawapres di Pilpres 2019.
John Andhi Oktaveri | 06 Juli 2018 14:28 WIB
Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) (kiri) berbincang dengan anggota BPIP Mahfud MD pada acara Peringatan 73 Tahun Lahirnya Pancasila di Museum Filateli, Jakarta, Kamis (31/5/2018). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah nama Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto dari unsur parpol mencuat sebagai calon wakil presiden mendampingi Jokowi, kini nama Mahfud MD santer disebut-sebut sebagai tokoh paling layak untuk digandeng sebagai Cawapres di Pilpres 2019. 

Nama Mahfud mulai sering diperbincangkan terutama setelah lembaga survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) yang menyebut Mahfud sebagai salah satu tokoh paling berpotensi dipinang Capres petahana Jokowi. Akan tetapi, selaian nama Mahfud sebenarnya juga ada nama Sri Mulyani yang mengungguli sejumlah tokoh lainnya.

Djayadi Hanan , CEO Riset SMRC, mengatakan selain kedua tokoh itu ada enam nama lain yang memiliki peluang menjadi cawapres dengan elektabilitas tinggi. Menurut hasil survey versi lembaga itu, keenam nama lainnya adalah Chairul Tanjung, Airlangga Hartarto, Zainul Majdi, Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan dan Said Aqil Siraj.

"Nama-nama ini selalu muncul memperoleh penilaian tertinggi, baik oleh elite, opinion leader, maupun masyarakat pemilih secara keseluruhan," ujarnya Jumat (6/7/2018).

Dari nama-nama tersebut, kata Djayadi, dua di antaranya konsisten mendapat skor paling besar dari masyarakat adalah Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati.

Kalangan elite menilai Mahfud dan Sri Mulyani dengan rata-rata skor masing-masing 6,9 dan 6,2. Keduanya berada di bawah Jokowi dengan skor 7,8; Jusuf Kalla 7,5. Sedangkan Airlangga Hartanto 6,4; dan Chairul Tanjung 6,3.

Sementara itu, dari penilaian opinion leader, Mahfud MD mendapat skor 7,2 dan Sri Mulyani 7,0. Keduanya berada tepat di bawah Jokowi dan Jusuf Kalla.

Artinya, pakar hukum yang dikenal dekat dengan Almarhum Gus Dur itu unggul tipis dari pesaing terdekatnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Tag : cawapres
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top