Duet Prabowo-AHY akan Dibahas di Internal Demokrat

Partai Demokrat akan membahas wacana duet Prabowo-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setelah sebelumnya polemik Jusuf Kalla (JK)-AHY mengemuka ke publik.
John Andhi Oktaveri | 06 Juli 2018 10:56 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Partai Demokrat akan membahas wacana duet Prabowo-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setelah sebelumnya polemik Jusuf Kalla (JK)-AHY mengemuka ke publik.

Wacana duet tersebut muncul setelah pertemuan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman Prabowo di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

“Wacana duet Prabowo-AHY ini akan dibahas secara intensif di internal Demokrat,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (6/7).

Dia menyatakan pertemuan Syarif-Prabowo Subianto menyinggung peluang pencalonan Prabowo sebagai calon presiden (capres) yang akan berpasangan dengan AHY.

"Materi pembicaraan soal skema koalisi Pilpres yang dikemukakan Pak Prabowo Subianto cukup penting dan menyangkut kemungkinan Pak Prabowo berpasangan dengan AHY. Maka, akan dibicarakan di internal Partai Demokrat sesegera mungkin," lanjutnya. 

Sejatinya, kunjungan Syarif adalah kunjungan balasan menindaklanjuti pertemuan antara utusan resmi Prabowo yang sehari sebelumnya bertemu dengan Syarif Hasan.

Andi mengatakan kunjungan Syarif adalah untuk mendengar langsung penjelasan Prabowo seperti yang sudah dikemukakan oleh utusan Prabowo sebelumnya. Pasalnya, hal tersebut menyangkut persoalan-persoalan penting situasi politik dan terutama menyangkut Pilpres 2019, termasuk peluang pencalonan Prabowo berpasangan dengan AHY dalam Pilpres 2019.

Menurut dia, secara prinsip komunikasi antara dua partai sangat positif sebagai pintu komunikasi mencari kesamaan, baik sekarang maupun nanti. Meskipun saat ini belum ada kesepakatan bersama, tapi diklaim sudah ada gambaran bersama.

Pertemuan lanjutan akan kembali dilakukan untuk mematangkan dua pertemuan pembuka antara kedua partai dan akan melewati tahap mekanisme organisasi yang ada.

Sebelumnya, mencuat wacana duet JK-AHY pada Pilpres 2019. Wacana ini mengemuka setelah JK bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono

Tag : partai demokrat, Pilpres 2019
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top