Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILKADA JAYAWIJAYA 218: Kotak Kosong Terkulai, John-Marthin Melenggang

Pasangan John Banua dan Marthin Yogobi, yang mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua, akhirnya menang setelah KPU memutuskan dalam rapat pleno tingkat kabupaten bahwa suara mereka lebih banyak dibandingkan dengan suara kotak kosong.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Juli 2018  |  21:08 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, WAMENA -  Pasangan John Banua dan Marthin Yogobi, yang mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua, akhirnya menang setelah KPU memutuskan dalam rapat pleno tingkat kabupaten bahwa suara mereka lebih banyak dibandingkan dengan suara kotak kosong.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua serta bupati dan wakil bupati Jayawijaya  2018 tingkat Kabupaten Jayawijaya yang berlangsung di kantor DPRD, Kamis (5/7/2018), pasangan tunggal ini unggul di seluruh distrik.

Sebagian besar distrik yang 100%  warga menyalurkan hak suara untuk John-Marthin adalah Distrik Itla Hisage, Tailarek, Trikora, Kurulu Tagineri, Wame, Asotipo, Wollo, Musatfak, Yalengga, Ibele, Siepkosi, Welesi, Bugi, Hubikosi, Libarek.

Pasangan ini berhasil unggul juga di Distrik Palebaga, Pupukoba, Tagime, Napua, Bripi, Usilimo, Bolakme, Muliama, Asilokobal, Asologaima, Maima, Melagalome, Wesaput, Koragi, Walaek dan Pisugi setelah tidak ada warga yang mencoblos kotak kosong.

Memang ada sejumlah warga di beberapa distrik yang memilih mencoblos kotak kosong, misalnya, di Distrik Hubikiak dengan jumlah suara kotak kosong sebanyak 65, Distrik Solokarnodoga dari jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 4.780 jiwa, 239 di antaranya memilih mencoblos kotak kosong.

Warga pencoblos kotak kosong juga terdapat di Distrik Wouma, yaitu sebanyak 199 dari jumlah DPT sebanyak 6.579 jiwa.

Dari hasil pleno rekapitulasi 40 distrik terhadap pasangan Jhon R Banua dan Marthin Yogobi, mereka memperoleh suara 260.012, sedangkan kotak kosong memperoleh suara 2.271, serta surat suara sah 262.283 dan suara tidak sah 1.467 dari jumlah DPT Jayawijaya sebanyak 268.416.

Pleno tingkat kabupaten itu ditetapkan melalui Surat Keputusan KPU Jayawijaya 78/KPPS/KPUKAP.030/2018 tentang penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara bupati dan wakil bupati Jayawijaya 2018.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara bupati dan wakil bupati Jayawijaya yang dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU, Panwaslu, Ketua DPRD Petrus Taufik Latuihamalo, Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba, Tim sukses dan saksi-saksi pasangan calon itu baru berakhir pada Kamis malam.

Setelah menyampaikan terimakasih kepada PPD yang sudah melakukan rekapitulasi di tingkat distrik, Ketua KPU Jayawijaya Adi Wetipo bersama tim sukses untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Jayawijaya melanjutkan acara dengan penandatangnan berita acara dan SK hasil rekapitulasi.



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak

Sumber : Antara

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top