Menko Maritim: AS Memandang Indonesia Negara Penting

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan mengatakan Indonesia dan AS mempunyai sejarah hubungan kemitraan strategis yang sangat penting.
Jaffry Prabu Prakoso | 05 Juli 2018 10:12 WIB
(dari kiri ke kanan) Duta Besar (Dubes) AS Joseph R. Donovan, presiden ketiga Indonesia B.J. Habibie, Menko Polhukam Wiranto, dan Menko Maritim Luhut B. Panjaitan menghadiri hari kemerdekaan ke-242 AS di kediaman Dubes AS, Jakarta, Rabu (4/7). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan mengatakan Indonesia dan AS mempunyai sejarah hubungan kemitraan strategis yang sangat penting.

“AS adalah partner strategis Indonesia dalam kerja sama ekonomi, pendidikan, kontra terorisme, dan kerja sama maritim,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (5/7/2018).

Luhut menjelaskan Indonesia sudah memainkan perannya dengan baik, karena AS memandang Indonesia sebagai negara penting di kawasan untuk menjaga stabilitas, berkat pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan juga stabilitas politiknya.

Visi antara AS dan Indonesia diklaim tidak jauh berbeda dalam hal peningkatan kerja sama, khususnya dalam bidang maritim. Di antaranya kerja sama bilateral mengenai perang terhadap penangkapan ikan ilegal, masalah lingkungan, dan sama-sama menghormati hukum internasional yang berlaku.

“Dalam waktu dekat ini, kami juga akan meningkatkan kerja sama di bidang coast guard (pengamanan laut), masalah sampah laut, dan juga di bidang teknologi,” tambahnya.

Duta Besar AS Joseph R. Donovan menyatakan Indonesia dan AS memungkinkan untuk bekerja sama dalam berbagai area seperti investasi dan pendidikan. Selain itu, kesuksesan pertumbuhan Indonesia dipandang sangat penting untuk meningkatkan hubungan kemitraan di tahun-tahun mendatang.

“Kemitraan antara Indonesia dan AS sangat spesial karena kemitraan kita langsung di jantung Asia Pasifik. Kami akan pastikan, tahun-tahun ke depan kita akan lebih meningkatkan lagi kemitraan dengan Indonesia,” jelasnya.

Tag : indonesia, amerika serikat
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top