Atasi Kepadatan, Kemenag Sewa Penginapan di Sekitar Mina

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengatasi masalah kepadatan jemaah haji Indonesia di Mina, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menyewa penginapan di sekitar Mina.
Muhammad Ridwan | 03 Juli 2018 18:00 WIB
Jemaah tengah berada di Mina, Arab Saudi, pada pelaksanaan ibadah haji 2017 - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengatasi masalah kepadatan jemaah haji Indonesia di Mina, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menyewa penginapan di sekitar Mina.

 

Dengan menyewa penginapan di sekitar Mina, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan di tenda Mina.

 

“Kita sewa penginapan di daerah sekitar Mina. Jemaah yang penginapannya dekat dengan Mina, usai dari (mabit di area) Jamarat, dia tidak perlu kembali ke tenda Mina," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam keterangan resminya yang didapat Bisnis, Selasa (3/7/2018).

 

Kepadatan di tenda Mina sangat penting untuk diatasi, mengingat kepadatan tersebut sering kali berdampak kepada keselamatan jemaah.

 

Menag mengatakan, kepadatan di tenda Mina adalah dampak dari dinaikkan kembali kuota jemaah haji Indonesia, tetapi untuk fasilitas di Mina tidak berubah.

 

Menyewa penginapan di sekitar Mina merupakan langkah alternatif yang dilakukan Kemenag, karena lobi untuk peningkatan kualitas fasilitas di Mina belum mendapatkan jawaban dari Pemerintah Arab Saudi.

 

Menag mengatakan, tenda penginapan dan toilet adalah dua fasilitas yang perlu ditingkatkan kualitasnya.

 

Pemerintah Republik Indonesia terus berusaha melakukan komunikasi dengan Arab Saudi terkait peningkatan kualitas fasilitas di Mina.

Tag : Ibadah Haji
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top