Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendagri: Pilkada Serentak Aman dan Sukses

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak kemarin, Rabu (27/6/2018), bahwa pelaksanaannya di seluruh daerah sukses, aman, dan lancar.
Mendagri Tjahjo Kumolo/Bisnis-Juli Etha
Mendagri Tjahjo Kumolo/Bisnis-Juli Etha

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak kemarin, Rabu (27/6/2018), bahwa pelaksanaannya di seluruh daerah sukses, aman, dan lancar.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyampaikan apresiasi kepada jajaran kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang telah membantu mengamankan pelaksanaan Pilkada seretanak.

“Dari tingkat Polda sampai Polsek tingkat Panglima Kodam sampai Wamil, BIN semua bekerja mengamankan Pilkada serentak walaupun ada dua daerah di Papua karena faktor keamanan tertunda,” ujar Tjahjo saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Mendagri mengatakan, secara keseluruhan gelaran Pilkada serentak berjalan lancar, aman, dan sukses, walaupun tingkat partisipasi politik tidak sesusai harapan Komisi Pemilihan Umum dan Pemerintah, namun, masalah yang berkaitan dengan politik uang sangatlah kecil dan kampanye-kampanye di daerah sudah bagus.

Suksesnya gelaran Pilkada serentak kemarin masih memerlukan evaluasi di beberapa hal, Tjahjo mengatakan, masih ada 60 lebih Tempat Pemugutan Suara (TPS) yang harus melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Dan Kemendagri juga masih belum bisa mendeteksi sejauh mana keterlibatan ASN yang tidak netral atau melakukan hal yang tidak benar dalam Pilkada.

“Nanti kami menunggu laporan-laporan pelanggaran dari Bawaslu,” kata Tjahjo.

Untuk tahapan selanjutnya, Kemendagri akan mempersiapkan proses pelantikan Bupati, dan Walikota, serta Gubernur.

“Proses pelantikan gubernur akan aka nada dua tahap yang akan dilaksanakan di Istana Negara yang dilantik langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Untuk proses pelantika Bupati dan Walikota ada tiga tahap, SK nya dari saya yang melantik gubernur, jika gubernur tidak bisa melantik, kami akan lantik di Kemendagri,” jelas Mendagri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper