BTS Kembali Masuk Daftar Tokoh Paling Berpengaruh Dunia

Grup idola asal Korea Selatan, BTS, kembali masuk dalam daftar 25 Most Influential People on the Internet versi Time, bersanding dengan Rihanna dan Presiden AS Donald Trump.
Annisa Margrit | 29 Juni 2018 08:57 WIB
BTS. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Grup idola asal Korea Selatan, BTS, kembali masuk dalam daftar 25 Most Influential People on the Internet versi Time, bersanding dengan Rihanna dan Presiden AS Donald Trump.

Pada Kamis (28/6/2018), Time merilis daftar tokoh-tokoh global yang paling berpengaruh di internet. Ini merupakan kali keempat bagi Time menerbitkan daftar tersebut.

"Kami mengevaluasi para tokoh dengan melihat dampak global di media sosial dan kemampuan mereka untuk menjadi berita," papar Time, seperti dikutip Bisnis, Jumat (29/6).

Pemilihan BTS--singkatan dari Bangtan Sonyeondan (Bangtan Boys) atau sekarang lebih sering dimaknai sebagai Beyond The Scene--masuk dalam daftar karena memiliki basis penggemar yang luar biasa besar di media sosial.

BTS.

Para penggemarnya, yang disebut ARMY, melahap konten apapun yang terkait dengan BTS termasuk cuitan di Twitter maupun video di Youtube.

Time mencatat jumlah follower BTS di semua platform media sosial berbahasa Inggris mencapai 50 juta. Bahkan, dalam waktu 24 jam, jumlah orang yang menonton video klip terbaru mereka yaitu "Fake Love" hampir melampaui rekor Taylor Swift dan Psy.

Tahun lalu, BTS juga masuk dalam daftar yang sama bersama Katy Perry dan Kim Kardashian.

Ada pula Rihanna, yang semua unggahannya di Instagram menjadi perhatian orang. Misalnya, kecamannya terhadap Snapchat karena menampilkan iklan yang seakan meremehkan kekerasan domestik.

Iklan itu menggunakan fotonya dan pernyataan itu diunggah Rihanna di Instagram Story-nya. Penyanyi lagu "Umbrella" ini diketahui sebagai penyintas kekerasan domestik dari mantan pacarnya, Chris Brown.

Rihanna.

Unggahan tersebut berujung pada hilangnya nilai pasar Snap Inc, pemilik Snapchat, hingga US$800 juta.

Dia juga memiliki beberapa merek kosmetik dan fesyen, yakni Fenty Beauty dan Savage x Fenty, serta pernah berkolaborasi dengan Puma dengan membuat model sepatu khusus. Semuanya turut dipromosikan melalui media sosial Rihanna.

Sementara itu, Trump diketahui hampir selalu menggunakan Twitter untuk menyampaikan proposal ataupun kebijakan AS, baik untuk isu dalam negeri maupun luar negeri.

Presiden AS Donald Trump.

"FDR [Franklin Delano Roosevelt] memiliki radio. JFK [John F. Kennedy] memiliki televisi. Trump memiliki Twitter," demikian disampaikan Time.

Tahun lalu, Trump juga masuk daftar yang sama.

Selanjutnya, ada Ryan ToysReview. Meski usianya baru 6 tahun, tapi dia sudah memiliki basis penggemar yang luar bisa banyak berkat review mainan yang dilakukannya melalui Youtube.

Review Ryan bisa menarik jutaan, bahkan miliaran, penonton di kanal Youtube-nya. Dia juga tercatat di peringkat 8 dalam World's Highest-Paid Youtube Stars versi Forbes dengan pendapatan US$11 juta.

Kylie Jenner.

Beberapa nama lain yang termasuk dalam daftar 25 Most Influential People on the Internet tahun ini adalah youtuber Logan Paul dan Jake Paul, musisi Kanye West, aktivis Eman al Nafjan, selebriti Kylie Jenner, dan para murid SMA Marjory Stoneman Douglas yang menjadi aktivis kontrol senjata di AS.

Tag : media sosial, selebritis
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top