Kotak Kosong Menang di Pilwakot Makassar, JK: Tunggu Keputusan KPU

Atas kemenangan kotak kosong pada Pilwalkot Makassar, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta seluruh masyarakat menunggu penghitungan akhir yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 28 Juni 2018  |  16:23 WIB
Kotak Kosong Menang di Pilwakot Makassar, JK: Tunggu Keputusan KPU
Ilustrasi: Pekerja menaikkan logistik kotak suara di kantor KPU Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Senin (11/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Proses hitung cepat atau quick count  pada Pemilihan Wali Kota Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menempatkan keunggulan kotak kosong dari pasangan Munafri Arifuddin - Andi Rachmatika Dewi (Appi Cicu).

Atas kemenangan kotak kosong pada Pilwalkot Makassar, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta seluruh masyarakat menunggu penghitungan akhir yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Makassar kampung saya. Kita tunggu saja keputusan KPU," kata JK usai acara Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) di Mid Plaza Hotel, Kamis (28/6/2018).

Menurut JK, quick count yang digelar beberapa lembaga survei hanya berperan sebagai indikator dalam proses penghitungan suara pascapencoblosan. Hitung cepat, lanjutnya, tidak menentukan hasil penghitungan versi KPU.

Lebih lanjut, pria kelahiran Bone ini menilai ada potensi keberadaan partai politik tidak terlalu berpengaruh saat pencoblosan. Apalagi, pasangan Appi Cicu didukung koalisi gemuk yang terdiri dari Golkar, NasDem, PDIP, Gerindra, PAN, PKS, PPP, PKB, PBB dan PKPI.

"Partai ada yang berpengaruh, ada yang tidak. Justru pihak yang lebih banyak turun ke lapangan justru relawan calonnya. Memang dari dulu begitu," imbuhnya.

Merujuk hasil hitung cepat Celebes Research Center (CRC), pasangan Appi Cicu hanya mampu meraih 46,61% atau berada di bawah dari pilihan kolom kosong yang mencapai 53,39%.

Direktur Eksekutif CRC Herman Heizer mengatakan total suara yang masuk sudah hampir mencapai 100% dengan kecenderungan keunggulan untuk kolom kosong. Posisi tersebut tidak mengalami perubahan sejak tahapan quick count dilakukan CRC pada Kamis siang dan menempatkan kolom kosong sebagai pilihan terbanyak oleh pemilih di Kota Makassar.

Sementara itu, kubu Appi Cicu masih optimistis memenangkan Pilkada Kota Makassar meski lembaga survei telah merilis hasil quick count yang mencatat keunggulan kolom kosong.

Optimistime itu mengacu pada hasil real count internal yang dilakukan tim pemenangan Appi Cicu yang menempatkan pasangan tersebut meraih 50,82% suara sedangkan kolom kosong 49,18%.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
makassar, Pilkada Serentak

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top