Kapolri Dinilai Berhasil Amankan Indonesia

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah Jakarta Hamidi Magfur menyebut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah berhasil memberikan rasa aman kepada masyarakat karena Lembaga Riset Internasional Gallup\'s Law Order 2018 mengungkapkan Indonesia merupakan negara aman urutan ke-9 dari 10 negara teraman di dunia.
Sholahuddin Al Ayyubi | 26 Juni 2018 20:26 WIB
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (tengah) - ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA--Pengamat Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah Jakarta Hamidi Magfur menyebut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah berhasil memberikan rasa aman kepada masyarakat karena Lembaga Riset Internasional Gallup's Law Order 2018 mengungkapkan Indonesia merupakan negara aman urutan ke-9 dari 10 negara teraman di dunia.

Menurut Hamidi riset tersebut sudah sejalan dengan hasil penelitian sejumlah lembaga survei nasional yang menyebutkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri sudah semakin meningkat. Menurutnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian sadar betul bahwa semakin aman suatu negara maka kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan pemerintah semakin meningkat.

"Kapolri sadar betul teori ini, bahwa semakin aman suatu negara maka kepercayaan masyarakat kepada penegak hukum atau pemerintah akan meningkat,” tuturnya, Selasa (26/6).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Lembaga Riset Internasional Gallup’s Law Order 2018 menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara teraman di dunia. Indonesia berada di urutan ke-9 dari 10 negara teraman, satu tingkat di bawah Kanada dan setingkat di atas Denmark.

Dia juga mengapresiasi kinerja Polri dibawah Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang secara total telah memperbaiki citra Korps Bhayangkara itu di mata masyarakat dan memperbaiki semua layanan untuk publik. Menurutnya, Kapolri juga berhasil mengubah proses birokrasi menjadi lebih komunikatif dan tanggap.

"Jadi yang dilihat itu bukan tidak adanya gangguan keamanan, tapi bagaimana aparat itu mengatasi gangguan tersebut. Di situ poinnya, dan dari situ rasa aman muncul,” katanya.

Hamidi menilai masuknya Indonesia ke dalam 10 negara teraman di dunia akan membuat Indonesia semakin diperhitungkan di mata Internasional baik dari sisi keamanan, politik, ekonomi dan pariwisata.

"Citra pemerintah juga pasti bagus sehingga kepercayaan negara lain terhadap kita, para investor, wisatawan bisa tumbuh,” ujarnya.

Tag : kapolri
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top