Pilkada Serentak 2018 : Ketua DPR Ingatkan Sejumlah Hal Ini

Terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Daerah (Pilkada) serentak di 171 daerah yang akan dilakukan Rabu (27/6/2018), Ketua DPR Bambang Soesatyo merespon beberapa hal terkait Pilkada.
Muhammad Ridwan | 26 Juni 2018 15:11 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo - ANTARA/Elang Senja

Bisnis.com, JAKARTA - Terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Daerah (Pilkada) serentak di 171 daerah yang akan dilakukan Rabu (27/6/2018), Ketua DPR Bambang Soesatyo merespon beberapa hal terkait Pilkada.

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi III DPR untuk mendorong kepolisian melalui Babinkamtibnas (Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat) untuk meningkatkan pengawasan dalam proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, kondusif, aman dan damai, sesuai dengan perudang-undangan yang berlaku.

Selain itu juga Bambang meminta Komisi II DPR mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) untuk memastikan seluruh  kesiapan logistic dalam pemilu, serta turut mengawasi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) agar menjalankan pemilihan umum sesuai dengan peraturan.

“Saya meminta Komisi II DPR mendorong KPU untuk memastikan KPPS memberikan kesempatan bagi warga yang tidak termasuk dalam daftar pemilih tetap untuk melaksanakan hak pilihnya dengan menunjukan surat keterangan yang diterbitkan Dinas Dukcapil,” tambahnya.

Sesuai dengan peraturan KPU Nomor 8 tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Wali kota .

Sementera itu, Bambang mengimbau masyarakat agar datang ke TPS dan melaksanakan haknya untuk memilih kepala daerah yang terbaik guna memimpin daerahnya, serta melaporkan apabila menemukan kecurangan-kecurangan yang terjadi selama Pilkada berlangsung.

Tag : Pilkada Serentak
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top