Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidak Tercantum Dalam DPT, Masyarakat Bisa Memilih Menggunakan KTP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melalui Kepala Biro Teknis dan Humas KPU RI Nursyarifah mengatakan, bagi masyarakat yang tidak tercantum dapat Daftar Pemilih Tetap (DPT), masih bisa menggunkan hak suaranya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 25 Juni 2018  |  20:36 WIB
Contoh surat suara untuk Pilkada 2018 saat ditinjau oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal di percetakan PT Aksara Grafika Pratama (AGP) di Jakarta, Senin (30/4/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Contoh surat suara untuk Pilkada 2018 saat ditinjau oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal di percetakan PT Aksara Grafika Pratama (AGP) di Jakarta, Senin (30/4/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melalui Kepala Biro Teknis dan Humas KPU RI Nursyarifah mengatakan, bagi masyarakat yang tidak tercantum dapat Daftar Pemilih Tetap (DPT), masih bisa menggunkan hak suaranya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

KPU menyebutkan sebanyak 152.067.680 orang yang sudah tercantum dalam DPT untuk Pilkada Serentak 27 Juni 2018 mendatang. Namun, KPU memprediksi masih ada masyarakat yang namanya belum tercantum sebagai DPT.

Nursyarifah menjelaskan, bagi masyarakat yang belum tercantum sebagai DPT, bisa langsung menuju lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat dengan membawa KTP-el.

“Kemudian tidak terdaftar dalam DPT apa yang dilakukan? memberikan peluang untuk datang pada hari H menunjukan KTP elektronik atau pun surat keterangan yang diterbitkan oleh Dukcapil," ujarnya di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).

Masyarakat yang belum tercantum sebagai DPT akan diperbolehkan memberikan hak memilihnya pada pukul 12.00 sampai dengan 13.00 WIB dan masuk dalam daftar kategori pemilih tambahan.

KPU akan mengoptimalkan pelayanan kepada peserta pemilu dan pemilih dalam mendapatkan hak-haknya. "Jadi pemerintah selalu men-support KPU dalam pelayanan pemilih, karena kewajiban KPU memberikan pelayanan, pelayan itu kepada peserta pemilu maupun pemilih," ujar Nursyarifah.

Sementara itu, KPU mengajak kepada seluruh masyarakat agar dapat menggunakan hak suaranya secara baik pada Pilkada Serentak esok. KPU akan selalu memberikan pelayanan agar masyarakat dapat menyalurkan suaranya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top