Singapura Ungkap Biaya Pertemuan Donald Trump-Kim Jong-un

Singapura Ungkap Biaya Pertemuan Donald Trump-Kim Jong-un
Newswire | 24 Juni 2018 22:55 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan saat berlangsung KTT Korut dan AS di Hotel Capella, Pulau Sentosa Singapura, 12 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Singapura pada Minggu menyatakan menghabiskan 16,3 juta dolar Singapura (144 miliar rupiah) untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Jumlah tersebut kurang dari laporan sebelumnya, yang membuat marah warga setempat.

Sebagian besar uang itu digunakan untuk keamanan, kata kementerian luar negeri, tanpa merinci.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong sebelumnya memperkirakan acara itu menelan 20 juta dolar Singapura. Menteri luar Negeri Vivian Balakrishnan mengatakan itu termasuk biaya kamar hotel Kim.

Laporan itu memicu kemarahan beberapa warga Singapura di medan gaul, meskipun satu penanggap mengatakan bahwa jumlah itu kecil sebagai iuran untuk perdamaian kawasan.

Pakar pemasaran mengatakan publisitas dari menuan-rumahi temu puncak itu dapat bernilai lebih dari 10 kali lipat biaya untuk negara kota kecil Asia Tenggara tersebut.

Trump dan Kim menghabiskan menghabiskan tiga hari di Singapura untuk temu puncak pada 12 Juni, saat keduanya berjanji mengakhiri kegiatan nuklir Korea Utara dan meningkatkan hubungan.

Sumber : Antara

Tag : kim jong un, Donald Trump
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top