Upaya Prabowo Menggalang Dana Dinilai Membuat Demokrasi Sehat

Upaya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggalang dana untuk membiayai politik dinilai bisa membawa demokrasi lebih baik.
Jaffry Prabu Prakoso | 23 Juni 2018 01:43 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menggalang dana untuk membiayai politik dinilai bisa membawa demokrasi lebih baik.

Direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojuddin Abbas mengatakan niat Prabowo perlu disambut baik.

"Ini bisa jadi penghindaran terhadap cukong, tapi juga bisa menjadi gimmick untuk partisipasi masyarakat. Apa pun niatnya, itu perlu disambut baik dan saya optimis baik untuk demokrasi," katanya di Jakarta Jumat (22/6/2018).

Sirojuddin menjelaskan langkah Prabowo tersebut bukan merupakan hal yang baru. Sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pernah melakukan hal serupa. Jauh sebelumnya Presiden Barack Obama juga demikian.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman menjelaskan penggalangan kampanye dari masyarakat merupakan tindakan yang sah.  "Terpenting, kalau mau dipergunakan, nanti dicatat sesuai mekanisme yang ada," jelasnya.

Melalui akun Facebook resmi, Prabowo mengunggah video berdurasi hampir 20 menit. Di situ secara terbuka dia meminta sumbangan dana kepada semua kader dan simpatisan untuk membantu operasional partai dalam perhelatan pilkada serentak 2018.

Tag : Pilpres 2019
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top