Rakor Pilkada Wacanakan Libur Saat Pemilihan

Rapat koordinasi soal pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak mewacanakan agar libur nasional pada saat pencoblosan.
Jaffry Prabu Prakoso | 22 Juni 2018 16:19 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto

Bisnis.com, JAKARTA -- Rapat koordinasi soal pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak mewacanakan agar libur nasional pada saat pencoblosan.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan butuh keputusan presiden karena ini menyangkut kebijakan nasional.

"Karena ada usulan bahwa lebih baik yang diliburkan hanya 171 daerah yang menyelenggarakan pemilukada serentak. Tetapi dari hasil kajian di dalam rapat tadi ada mobilitas pemilih yang tidak hanya di 171 daerah itu," katanya usai memimpin rapat di Gedung Menko Polhukam, Jumat (22/6/2018).

Pemilih yang berada di luar wilayah pemilihan ini kata Wiranto harus tetap diakomodir.

Hal ini karena memungkinkan ada pejabat yang harus memilih tapi juga bekerja di saat yang sama sehingga ditakutkan mengganggu proses pemilihan.

"Oleh karena itu diusulkan oleh KPU alangkah baiknya kemudian diliburkan secara nasional. Tentunya ini perlu proses administrasi pemerintahan," tambah Wiranto.

Pelaksanaan pilkada serentak berlangsung pada 27 Juni 2018 dan akan dilakukan di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.

Tag : kpu, Pilkada Serentak
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top