KAPAL TENGGELAM DANAU TOBA: Tim Penyelemat Dilengkapi Robot Pencari Bawah Laut & Drone

Penyelam dan peralatan drone melengkapi tim kapal penyelamat yang tengah mencari 192 penumpang yang hilang di danau Toba yang tenggelam sejak Senin (18/1/2018).
Linda Teti Silitonga | 21 Juni 2018 13:39 WIB
Seorang anggota tim penyelamat menyiapkan robot pencari bawah laut atau remote operated vehicle/ROV selama operasi pencarian untuk penumpang yang hilang dari kecelakaan kapal bermotor di Danau Toba di pelabuhan Tigaras di Simalungun, Sumatra Utara, Indonesia 21 Juni 2018. - .Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA— Penyelam  dan peralatan drone melengkapi tim kapal penyelamat yang tengah mencari 192 penumpang yang hilang di danau Toba yang tenggelam sejak Senin (18/1/2018).

Sementara itu, para kerabat terus menantikan kemajuan pencarian tim penyelamat.

Tim pencari berharap dapat menemukan lebih banyak lagi korban yang terperangkap, setelah mengetahui titik lokasi kapal yang tenggelam yang berada di kedalaman 400 meter.

"Kami memiliki konfigurasi dari kedalaman itu," kata Budiawan, seorang petugas pencarian dan penyelamatan seperti dikutip Reuters, Kamis (21/6/2018).

Tim penyelamat didukung 25 penyelam termasuk marinir, yang mencari ke  bawah laut dengan didukung robot pencari bawah laut (remote operated vehicle/ROV) yang dapat beroperasi hingga kedalaman 380 m.

Tim penyelam pertama menemukan sejumlah titik bawah danau yang dingin.

Tim penyelamat juga menyediakan perangkat GPS, teropong, jaket pelampung, dan tangki oksigen.

 

Tag : danau toba
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top