Korea Bersatu di Asian Games 2018

Pada Asian Games yang digelar di Indonesia pada Agustus, para atlet dari kedua negara akan dinaungi satu bendera.
Kahfi | 18 Juni 2018 22:04 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut seorang anggota delegasi khusus Presiden Korea Selatan saat makan malam, 6 Maret 2018. Foto dirilis Kantor Berita Korea Utara. - Reuters

Bisnis.com, BANDUNG — Pada Senin, (18/6/2018), Korea Selatan dan Korea Utara akhirnya bersepakat menggabungkan kontingen olah raga Asian Games dalam satu bendera yaitu Korea.

Seperti dikutip dari Reuters, kedua Korea sepakat menggabungkan kontingen yang kelak diberangkatkan. Keputusan tersebut sekaligus menandai berakhirnya permusuhan kedua negara.

Kedua negara menyetujui secara perlahan menghapuskan kebekuan hubungan. Untuk itu, akan diadakan pertandingan basket yang diadakan di Pyongyang berlangsung pada 4 Juli.

Persetujuan kedua pihak juga meliputi segala upaya untuk mengkampanyekan rekonsiliasi, termasuk membuka hubungan militer. Hubungan terbaru ini suatu kemajuan positif sejak keduanya dipisahkan oleh perang Korea.

Pada Asian Games yang digelar di Indonesia pada Agustus, para atlet dari kedua negara akan dinaungi satu bendera. Nama kontingen diubah menjadi Korea.

Selanjutnya kedua pihak akan membahas cara mengatur penggabungan kontingen atlet pada perhelatan Asian Games. Pembahasan detail mencakup kesatuan kontingen olah raga Korea untuk tiap kompetisi internasional lainnya.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top