ARUS BALIK LEBARAN 2018: Pertamina Siagakan 3.692 SPBU

PT Pertamina (Persero) menyiagakan 3.692 SPBU di ruas jalur mudik di pulau Jawa hingga Madura termasuk di jalur tol dan arteri untuk melayani arus balik Lebaran 2018.
Denis Riantiza Meilanova | 18 Juni 2018 17:48 WIB
Petugas melayani pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kendaraan pemudik di Rest Area KM 482, Mudal, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (8/6/2018). - ANTARA/Aloysius Jarot

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pertamina (Persero) menyiagakan 3.692 SPBU di ruas jalur mudik di pulau Jawa hingga Madura termasuk di jalur tol dan arteri untuk melayani arus balik Lebaran 2018.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan pihaknya siap untuk mengamankan ketersediaan dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) selama arus balik Lebaran 2018.

"Setelah melayani masyarakat pada arus mudik kemarin, kembali Pertamina siap mengamankan pasokan BBM pada arus balik yang diprediksi mulai H+2," ujar Adiatma dalam keterangan resminya, Senin (18/6/2018).

Selain itu, kata Adiatma, Pertamina juga menambahkan layanan ekstra untuk melayani masyarakat di masa arus balik yang terjadi sejak H+2 Lebaran 2018.

"Selain memperkuat pasokan SPBU dengan menempatkan mobile storage/SPBU kantong, Pertamina juga menyediakan fasilitas alternatif pengisian BBM di Kiosk Pertamax yang menjual BBM kemasan, mobile dispenser, serta Motorist pada titik-titik utama arus balik," katanya.

Untuk melayani arus balik masyarakat dari Jawa Timur, Pertamina menyiagakan 10 Kiosk Pertamax di setiap rest area tol, masing-masing 2 Kiosk di ruas Tol Gempol – Pasuruan, 2 Kiosk di ruas Tol Surabaya – Mojokerto, 1 Kioks di ruas Tol Ngawi – Madiun dan 1 Kiosk di ruas Tol Ngawi – Sragen.

Sementara itu, di ruas Tol Saradan, selain menyediakan 1 Kiosk Pertamax, Pertamina juga menyediakan Serambi Pertamax dan fasilitas bengkel/ganti oli. Sebagai tambahan, Pertamina juga menyediakan 1 titik kiosk Pertamax di Ketapang sebagai titik layanan ekstra bagi pemudik yang menyebrang dari Bali ke Banyuwangi.

Di wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyiagakan fasilitas alternatif pengisian BBM di ruas tol fungsional dan ruas tol operasional. Untuk mengoptimalkan layanan pada arus balik Lebaran 2018, Pertamina menempatkan 23 titik Kiosk di jalur B atau arah menuju Jakarta, mulai dari KM 538 Sragen hingga KM 275 B Pejagan.

Di wilayah Jawa Barat, pelayanan tambahan Pertamina bagi masyarakat saat arus balik Lebaran 2018 terdapat di 17 titik untuk layanan KiosK dan 16 titik layanan motorist. Penempatan fasilitas tambahan tersebut berada di jalur tol maupun non tol.

“Pada titik-titik utama arus balik, tim Pertamina bersiaga penuh memperkuat pasokan di SPBU regular dan menyediakan BBM kemasan pada fasilitas KiosK serta pasukan Motorist untuk melayani kebutuhan BBM pada saat arus balik,” kata Adiatma.

Diperkirakan puncak penyaluran BBM pada arus balik Lebaran 2018 terjadi pada H+4 atau Selasa (19/6/18) seiring akan berakhirnya cuti bersama pada Rabu (20/6/18).

Satgas RAFI (Ramadan-Idul Fitri) 2018 telah disiagakan sejak H-30 untuk satgas LPG dan H-15 untuk satgas BBM. Periode Satgas RAFI akan bertugas mengamankan ketersediaan dan pasokan BBM dan LPG hingga H+15.

Selanjutnya, Adiatma menambahkan bahwa untuk para pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan arus balik agar mengisi penuh bahan bakar sebelum berangkat dan untuk mengetahui titik-titik layanan Pertamina dapat mengakses melalui aplikasi Pertamina GO dan Waze.

"Apabila masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan BBM dan LPG, maka dapat menghubungi Contact Pertamina di nomor 1500 000, untuk mendapatkan informasi lokasi terdekat,” katanya.

Tag : pertamina, Mudik Lebaran 2018
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top