Pantau Kinerja Airport Helper, AP II Gunakan Aplikasi OTHON

Demi memastikan kinerja airport helper di lapangan, Angkasa Pura II menggunakan aplikasi khusus bernama Operation Terminal Helper On Network (OTHON) untuk membantu pemantauan.
Dhiany Nadya Utami | 18 Juni 2018 12:21 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri), Dirjen Perhubungan Agus Santoso, Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memantau pembangunan landasan pacu 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (15/4/2018). - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA—Demi memastikan kinerja airport helper di lapangan, Angkasa Pura II menggunakan aplikasi khusus bernama Operation Terminal Helper On Network (OTHON) untuk membantu pemantauan.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, aplikasi tersebut mampu meningkatkan kinerja tim operasional bandara dalam memantau airport helper. Selain itu, OTHON juga digunakan untuk mengevaluasi dan menilai masing-masing airport helper yang sedang bertugas.

“Aplikasi OTHON ini tidak hanya berfungsi sebagai pemberi rating kinerja perorangan serta menemukan titik-titik yang perlu dijaga helper, aplikasi ini juga berfungsi sebagai daftar untuk absen helper ketika mulai hingga selesai bekerja. Bagi helper yang kinerjanya baik tentu akan ada apresiasi dari perusahaan,” kata Awaluddin melalui siaran pers, Senin (18/7/2018)

Di samping itu, melalui aplikasi OTHON ini, supervisor airport helper juga dapat mengidentifikasi kepadatan penumpang dan mengetahui titik-titik lokasi yang membutuhkan pelayanan Airport Helper. Hal ini mampu memberikan efisiensi kerja dan ketepatan distribusi airport helper di lapangan.

Awaluddin mengatakan, ke depannya platform aplikasi OTHON akan digunakan untuk mengevaluasi layanan-layanan terminal lainnya seperti pelayanan trolley collector dan layanan golf car assistant.

“Juga akan dikembangkan untuk mengevaluasi kinerja Aviation Security AP II. Hal ini selaras dengan visi AP II yaitu menjadi "The Best Smart Connected Airport Operator in The Region”,” tambahnya.

Menghadapi momen angkutan lebaran ini, airport helper telah dipersiapkan guna memberikan pelayanan optimal kepada para pemudik yang menggunakan jasa kebandarudaraan. Awaluddin menyebut idak kurang dari 538 airport helper telah disiapkan oleh Angkasa Pura II dan tersebar di seluruh Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung.

“Jumlah petugas saat ini diharapkan mampu memberikan kelancaran arus mudik Lebaran di bandara,” tutupnya.

Tag : angkasa pura ii
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top