Raja Thailand Pegang Kendali atas Aset Kerajaan US$30 Miliar

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah diberikan kepemilikan pribadi penuh atas aset kerajaan yang diperkirakan bernilai sekitar US$30 miliar.
Ropesta Sitorus | 17 Juni 2018 21:22 WIB
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah diberikan wewenang kepemilikan pribadi penuh atas aset kerajaan yang diperkirakan bernilai sekitar US$30 miliar.

Biro Properti Mahkota (The Crown Property Bureau) yang mengendalikan kekayaan kerajaan atas nama monarki, menyatakan pihaknya mengalihkan kepemilikan aset menyusul perubahan dalam undang-undang tahun lalu. Hal itu berarti perpajakan akan memiliki akses terhadap aset kerajaan untuk pertama kalinya.

Sebagai informasi, Maha Vajiralongkorn, 65 tahun, menjadi raja pada bulan Desember 2016. Dia menggantikan ayahnya yang sangat dihormati, Raja Bhumibol Adulyadej, yang merupakan raja terlama di dunia ketika dia meninggal pada bulan Oktober 2016.

Thailand memiliki undang-undang lese majeste yang ketat, yang melarang kecaman terhadap monarki. Undang-undang juga melindungi keluarga kerajaan dari pandangan publik dan pengawasan.

Dilansir dari BBC.com, Minggu (17/6/2018), Biro Properti Mahkota menyatakan perlu untuk mengembalikan aset apapun milik kerajaan yang sebelumnya di bawah tanggung jawabnya kepada Raja sehingga Raja dapat mengambil keputusan atas semua hal yang berkaitan dengan biaya dan manajemennya. Aset termasuk saham di berbagai perusahaan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Raja membuat keputusan untuk membuat 'Aset Properti Mahkota' tunduk pada tugas dan pajak yang sama seperti aset milik warga negara lain. Pengelolaan aset juga dipastikan akan transparan dan terbuka untuk diperiksa.

The Crown Property Bureau (CPB) telah mengelola aset kerajaan sejak didirikan pada tahun 1938 dan, sampai sekarang, telah dijalankan oleh setidaknya empat direktur yang ditunjuk secara royally dan termasuk menteri keuangan.

Tidak diketahui sejauh mana kekayaan CPB. Pada 2012, majalah Forbes memperkirakan nilainya di properti dan investasi lainnya mencapai lebih dari $ 30 miliar.

Data bursa saham pada Maret 2018 menunjukkan Raja memperoleh saham hampir US$150 juta di Siam Cement Group Pcl. Menurut laporan Reuters, pada Oktober 2018, saham senilai lebih dari US$500 juta di Siam Commercial Bank dipindahkan ke Raja.

Sebelum menjadi raja, Maha Vajiralongkorn dilaporkan telah menghabiskan banyak waktu di luar negeri dan gaya hidupnya yang penuh warna terkadang menjadi berita utama di media asing. Para pengamat mengatakan dia telah bekerja keras untuk memperbaiki profilnya dalam beberapa tahun terakhir.

 

Tag : thailand
Editor : Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top