Kebakaran Hebat "Amuk" Sekolah Seni Glasgow

Glasgow tengah mengalami pukulan besar yang disebabkan oleh kebakaran terparah kedua selama empat tahun terakhir yang kembali memusnahkan Sekolah Seni Glasgow (Glasgow School of Art), salah satu gedung bersejarah milik Skotlandia.
Nirmala Aninda | 17 Juni 2018 11:09 WIB
Kebakaran Hebat Landa Sekolah Seni Glasgow - Reuters

Kabar24.com, GLASGOW -- Glasgow tengah mengalami pukulan besar yang disebabkan oleh kebakaran terparah kedua selama empat tahun terakhir yang kembali memusnahkan Sekolah Seni Glasgow (Glasgow School of Art), salah satu gedung bersejarah milik Skotlandia.

Para pejabat pemadam kebakaran mengatakan pada Minggu (17/6/2018) waktu setempat bahwa kebakaran sebagian besar sudah dalam penanganan dan diperkirakan tidak ada korban jiwa meski demikian kerugian secara materiil cukup besar jumlahnya.

Penyebab kebakaran belum ditetapkan. Padahal gedung tersebut masih dalam proses perbaikan dengan nilai proyek jutaan dolar semenjak kebakaran 2014.

Sekarang proyek pembangunan kembali harus dimulai lagi itupun jika strukturnya masih cukup sehat.

Wakil Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan pemerintah siap memberikan dukungan apa pun yang mungkin diperlukan setelah terjadinya kebakaran.

"Ini adalah pagi yang sangat menyedihkan di kota Glasgow," katanya. "Glasgow School of Art adalah lembaga yang dicintai bukan hanya oleh siswa, staf dan orang-orang di kota ini, tetapi oleh banyak orang di seluruh dunia."

Gedung sekolah seni, yang dikenal sebagai Gedung Mackintosh, dirancang oleh arsitek Skotlandia terkenal Charles Rennie Mackintosh dan dibangun antara 1897 dan 1909.

Gedung tersebut dianggap sebagai mahakaryanya.

Sam Patterson, wakil presiden Glasgow Institute of Architects, mengatakan penyebaran api di seluruh bangunan akan membuat upaya pemulihan sangat sulit.

"Sulit untuk mengatakannya sekarang sampai ada evaluasi atau laporan tentang bangunan. Tapi tentu penyebaran api jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dan dari apa yang saya lihat pagi tadi, ini akan menjadi proyek yang jauh lebih menantang untuk ulangi, "katanya.

Berdasarkan kronologi kebakaran, api menyebar dengan sangat cepat sejak pukul 11:20 Jumat (16/6/2018) malam waktu setempat.

Direktur Charles Rennie Mackintosh Society, Stuart Robertson, mengatakan bahwa kebakaran tahun 2014 hanya merusak sayap timur gedung tetapi kebakaran kali ini telah merusak seluruh strukturnya.

"Untuk melihat hasil kerja yang indah hancur, padahal saya telah melihat sekilas bentuk baru dari perpustakaan dan studio kerja yang sedang dibangun. Semua pekerjaan melelahkan yang didekasikan untuk proses restorasi, rasanya ... orang-orang pasti merasa sakit," katanya.

Rencananya bangunan landmark itu akan dibuka kembali tahun depan.

Mantan mahasiswa Peter Swanton mengatakan kepada Pers Association Inggris, betapa dia dan murid-murid lain menghargai desain dan pengerjaan bangunan.

"(Ini) malam yang sangat tragis untuk Glasgow, Skotlandia, seni, arsitektur dan budaya secara keseluruhan," katanya.

Tag : kebakaran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top