Sempat Ada Kebakaran, Dirjen KAI Pastikan Kereka Api Gajayana Lebaran Aman

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri memastikan Ketera Api Gajayana Lebaran tujuan Malang, Jawa Timur, yang sempat mengalami kebakaran telah berhasil ditangani dan kembali diberangkatkan.
Ropesta Sitorus | 17 Juni 2018 17:05 WIB
Manajer PT KAI DAOP IV Semarang Dwi Erni Ratnawati (kiri) melakukan pengecekan rangkaian kereta Api Selasa (5/6/2018). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri memastikan Ketera Api Gajayana Lebaran tujuan Malang, Jawa Timur, yang sempat mengalami kebakaran telah berhasil ditangani dan kembali diberangkatkan.

Zulkifri mengatakan kebakaran terjadi pada Kereta Pembangkit KA Gajayana Lebaran di Stasiun Nganjuk, Minggu (17/6/2018) pukul 11.12 WIB. Namun kejadian tersebut telah ditangani oleh petugas dan kereta kembali diberangkatkan menuju Kertosono pada pukul 11.35 WIB.

“Berkat kesigapan petugas di lapangan, kebakaran kecil berhasil ditangani. Proses penanganannya singkat saja, hanya 23 menit, KA masih jalan tepat waktu. Untuk sementara, dari Nganjuk ke Kertosono KA Gajayana Lebaran diberangkatkan tanpa kereta pembangkit, sampai Kertosono baru disambung dengan kereta pengganti baru, dipastikan semuanya aman,” kata Zulkifri lewat keterangan resmi, Minggu (17/6/2018).

Dia menyampaikan bahwa penyebab terjadinya kebakaran masih dalam proses penyelidikan. Zulfikri juga memastikan bahwa tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Lebih lanjut, Zulfikri memberikan apresiasi atas kesigapan dan kewaspadaan petugas di lapangan dalam mensukseskan kelancaran Angkutan Lebaran 2018.

Dia menegaskan bahwa seluruh kegiatan mudik dan balik Angkutan Lebaran 2018 khususnya moda angkutan KA juga dipantau intensif baik di posko pusat maupun di daerah.

“Ini semua dilakukan untuk memastikan perjalanan penumpang dengan KA berjalan dengan aman, lancar dan tentunya selamat sampai tujuan. Kami juga  mengapresiasi masyarakat yang telah memanfaatkan fasilitas Angkutan Motor Gratis dengan KA selama arus mudik dan balik sehingga Angkutan Lebaran 2018 relatif lebih kondusif, aman, selamat karena membantu meminimalkan kejadian kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Tim Ditjen Perkeretaapian beserta jajaran juga aktif melakukan pemantauan di sejumlah stasiun keberangkatan Daop dan Divre.

Kegiatan pemantauan mencakup pemeriksaan atas Standar Pelayanan Minimal serta inspeksi sarana dan prasarana perkeretaapian guna memastikan Angkutan Lebaran berjalan dengan lancar, aman dan selamat.

Tim Ditjen Perkeretaapian beserta jajaran juga melakukan interaksi langsung dengan penumpang KA untuk menggali info dari masyarakat dalam rangka perbaikan pelayanan perkeretaapian.

Tag : mudik lebaran
Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top