Mayoritas Negara Asia Merayakan Lebaran Besok, Australia Masih Tunggu Hilal

Mayoritas negara Asia merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri pada Jumat, 15 Juni 2018, setelah memastikan Hilal telah terlihat.
Newswire | 15 Juni 2018 00:53 WIB
Umat muslim berpawai sambil memukul kentungan saat malam takbiran di kawasan Kampung Jawa, Denpasar, Bali, Kamis (14/6/2018). - ANTARA/Wira Suryantala

Kabar24.com, JAKARTA - Mayoritas negara Asia merayakan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri pada Jumat, 15 Juni 2018, setelah memastikan Hilal telah terlihat.

Sri Lanka, Maladewa, Brunei Darusalam, India dan Fiji serta Indonesia, adalah negara-negara Asia yang telah memastikan melihat Hilal sehingga sidang Isbat menetapkan Idul Fitri resmi jatuh pada 15 Juni 2018. Malaysia dan Singapura juga memastikan hal serupa.

Negara Asia lainnya, termasuk Pakistan, Afghanistan, Cina, Uzbekistan dan Kazakhstan juga kemungkinan akan merayakan Idul Fitri pada Jumat besok. Negara-negara tersebut masih mengamati kemunculan Hilal dan akan mengumumkan hasilnya pada malam ini. Otoritas agama yang ditunjuk di Islamabad, Lahore, Quetta, Kabul dan Urumqi telah dikerahkan ke lokasi untuk melihat Hilal, seperti dikutip dari Latesly News, 14 Juni 2018.

Adapun Australia memastikan Idul Fitri tidak akan jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018 setelah Dewan Imam Nasional di Sydney mengumumkan Hilal tidak muncul di langit Negeri Kangguru tersebut. Untuk itu salat Idul Fitri akan diadakan pada hari Sabtu, 16 Juni 2018.

Pemantauan Hilal oleh pemerintah Indonesia untuk menetapkan 1 Syawal 1439H atau 2018, dilakukan di titik-titik di 97 lokasi. Pemerintah melalui Kementerian Agama kemudian menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. Keputusan itu diambil setelah pemerintah menggelar sidang isbat sejak sore tadi.

Sumber : Tempo

Tag : lebaran
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top