Indonesia Ajak Jepang dan Asean Jadikan Olahraga sebagai Sarana Perdamaian

Indonesia mengajak Jepang dan negara anggota Asean untuk terus bekerja sama dalam upaya menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global, salah satunya melalui olah raga.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 14 Juni 2018  |  17:13 WIB
Indonesia Ajak Jepang dan Asean Jadikan Olahraga sebagai Sarana Perdamaian
Timnas Indonesia - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mengajak Jepang dan negara anggota Asean untuk terus bekerja sama dalam upaya menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global, salah satunya melalui olahraga.

Ketua Senior Officials Meeting (SOM) Asean-Indonesia Benny YP Siahaan menilai olah raga mampu berperan positif dalam membangun perdamaian. Hal tersebut disampaikan saat memimpin pembahasan mata agenda Heart-to-Heart Partners pada pertemuan Asean–Japan Forum (AJF) ke-33 yang berlangsung di Tokyo, Jepang.

“Olahraga merupakan instrumen efektif yang mampu mempromosikan perdamaian, karena mampu mengabaikan batas geografis dan kelas sosial," kata Benny seperti dikutip dalam laman Kementerian Luar Negeri, Kamis (14/6/2018).

Dia menambahkan olahraga juga memainkan peran penting sebagai pendorong integrasi sosial dan pembangunan ekonomi dalam konteks geografis, budaya dan politik yang berbeda. Pertemuan AJF ke-33/2018 tersebut dipimpin bersama oleh Jepang dan Brunei Darussalam selaku koordinator kemitraan Asean-Jepang.

Sementara itu, Deputy Minister for Foreign Affairs/SOM Leader Jepang Takeo Mori menyatakan keinginan Jepang untuk terus mengembangkan kerja sama yang nyata dengan Asean. Selain itu, Negeri Matahari Terbit juga telah menjadi mitra strategis Asean dalam memfasilitasi pembangunan ekonomi, industri, dan sumber daya manusia di kawasan.

Pihaknya menawarkan konsep Free and Open Indo Pacific (FOIP) sebagai inisiatif dalam mengupayakan kerja sama antara negara-negara di kawasan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

"Konsep ini mendukung prinsip Asean Centrality dan memandang negara negara anggota sebagai hub dari samudera Hindia dan Pasifik sehingga memiliki peran penting," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
olahraga

Editor : Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top