Komisi Eropa Kecam Bea Masuk Imbalan AS untuk Minyak Zaitun Spanyol

Komisi Eropa menolak keputusan Amerika Serikat yang mengenakan bea masuk imbalan untuk produk minyak zaitun asal Spanyol dengan kisaran 7,52%-27,02%.
M. Nurhadi Pratomo | 14 Juni 2018 04:44 WIB
Minyak zaitun - tsmc.com.au

Bisnis.com,JAKARTA— Komisi Eropa menolak keputusan Amerika Serikat yang mengenakan bea masuk imbalan untuk produk minyak zaitun asal Spanyol dengan kisaran 7,52%-27,02%.

Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa eksportir Spanyol menjual minyak zaitun 16,88%-25,5% di bawah harga wajar dan mendapatkan subsidi dari pemerintah. Dengan demikian, diperlukan bea masuk imbalan sekitar 7,52% hingga 27,02%.

“Keputusan Departemen Perdagangan AS untuk memaksakan tugas anti-subsidi dan anti-dumping untuk zaitun Spanyol tidak dapat diterima," kata juru bicara Komisi Eropa dikutip dari Reuters, Kamis (14/6/2018).

Komisi Eropa menilai langkah AS sebagai bentuk proteksionisme yang menyasar produk asal Uni Eropa yang populer di konsumen Negeri Paman Sam. Oleh karena itu, Komisi Eropa akan menindaklanjuti keputusan pengenaan bea masuk imbalan tersebut.

Sementara itu, International Trade Commission (ITC) Amerika Serikat akan membuat keputusan akhir pada 24 Juli 2018. Impor minyak zaitun asal Spanyol ke AS diperkirakan bernilai hingga US$67,6 juta pada 2017.

Di sisi lain, Pemerintah Spanyol menyesalkan langkah AS dan akan mengangkat permasalahan tersebut dengan Komisi Eropa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
uni eropa

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top