Zakat Fitrah di Masjid Sunda Kelapa Menteng Capai Rp144,69 Juta

Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat menerima dana zakat fitrah dari para pezakat sebesar Rp144,69 juta menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan 1439 Hijriah.
Newswire | 14 Juni 2018 23:41 WIB
Ilustrasi zakat. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat menerima dana zakat fitrah dari para pezakat sebesar Rp144,69 juta menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan 1439 Hijriah.

Jumlah tersebut berasal dari 2.312 orang pezakat.

"Zakat fitrah jumlah keseluruhan mencapai Rp144,69 juta," kata Wakil Ketua Panitia Ramadhan Masjid Agung Sunda Kelapa, Ustadz Mulyadi, Kamis (14/6/2018).

Nilai zakat fitrah ditentukan sebesar Rp40.000 atau Rp50.000 per jiwa atau setara dengan harga beras per 3,5 liter atau 2,5 kilogram.

Uang yang diterima panitia zakat fitrah tersebut akan dikonversi menjadi beras untuk dibagikan kepada yang berhak menerima zakat fitrah.

Mulyadi menambahkan bahwa Masjid Agung Sunda Kelapa memprioritaskan penyaluran zakat fitrah kepada para mustahik melalui masjid-masjid lain yang berada di sekitar masjid agung.

Penyaluran tersebut di luar pembagian zakat fitrah yang dilakukan oleh Masjid Sunda Kelapa sendiri.

Zakat fitrah berupa beras tersebut akan disalurkan ke masjid-masjid di sekitar kawasan Menteng. Selain itu zakat juga akan disalurkan ke masjid, yayasan yatim piatu dan pesantren yang telah diseleksi sebelumnya.

"Ada masjid-masjid yang mengajukan proposal ke kami, kami seleksi, kami utamakan yang terdekat dulu, sekitaran Menteng," katanya.

Sementara itu, untuk pembagian beras zakat fitrah di Masjid Agung Sunda Kelapa, para mustahik akan mendapatkan kupon untuk mengatur antrean pembagian zakat.

"Dibagikan sejak H-2 atau H-1 Lebaran. Dan pada hari H sebelum shalat Id. Supaya tidak berdesak-desakan, pembagian [zakat fitrah] menggunakan kupon," katanya.

 

Tag : lebaran
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top