PBB Tunjuk WNI Jadi Anggota Komite Penyandang Disabilitas

Persatuan Bangsa-Bangsa memilih Risnawati Utami sebagai salah satu anggota Committee on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD).
Rio Sandy Pradana | 14 Juni 2018 00:50 WIB
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Persatuan Bangsa-Bangsa memilih Risnawati Utami sebagai salah satu anggota Committee on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD).

Dubes Dian Triansyah Djani, Wakil Tetap Indonesia pada PBB di New York, mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan diplomasi Indonesia karena untuk pertama kalinya seorang WNI bisa terpilih.

“Keberhasilan diplomasi Indonesia dalam mengawal pencalonan Risnawati merupakan kemenangan diplomasi multilateral Indonesia yang kedua dalam seminggu terakhir ini setelah berhasil menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020," kata Triansyah dalam keterangan resmi, Kamis (14/6/2018).

Risnawati merupakan seorang aktivis dan pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat Organisasi Harapan Nusantara (Ohana) yang bergerak di bidang hak-hak penyandang disabilitas. Risnawati bersaing dengan 30 kandidat untuk memperebutkan sembilan kursi yang tersedia.

Kandidat lain berasal dari Lithuania, Nigeria, Australia, Swiss, Republik Korea, Ghana, Brazil, dan Meksiko.

Pemilihan Anggota CRPD berlangsung pada pertemuan ke-11 CRPD PBB di New York, Amerika Serikat.

Triansyah menuturkan terpilihnya Risnawati sebagai Anggota CRPD merupakan hasil dari upaya pemerintah di bidang penegakan hak asasi manusia (HAM), terutama hak-hak penyandang disabilitas, serta bentuk kepercayaan masyarakat internasional terhadap kemampuan Indonesia.

Risnawati terpilih karena aktif memperjuangkan hak penyandang disabilitas dan porfolio pada tingkat nasional dan internasional, baik dalam tingkat advokasi kebijaka  maupun penyediaan akses kursi roda dan sarana publik yang ramah bagi penyandang disabilitas.

 

Tag : pbb
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top