Trump: Kim Buat "Komitmen Tak Tergoyahkan" untuk Denuklirisasi

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah membuat "komitmen yang tak tergoyahkan" terhadap denuklirisasi lengkap semenanjung Korea.
Aprianto Cahyo Nugroho | 12 Juni 2018 15:58 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan saat berlangsung KTT Korut dan AS di Hotel Capella, Pulau Sentosa Singapura, 12 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah membuat "komitmen yang tak tergoyahkan" terhadap denuklirisasi lengkap semenanjung Korea.

Namun, Trump mengatakan tetapi sanksi terhadap Korea Utara akan tetap berlaku sebelum denuklirisasi tersebut benar-benar terjadi.

Dalam konferensi pers setelah pertemuan puncak bersejarah dengan Kim di Singapura, Selasa (12/6/2018), Donald Trump mengatakan mereka siap untuk memulai sejarah baru dan menulis bab baru antara kedua bangsa.

"Dia menegaskan kembali komitmennya yang tak tergoyahkan terhadap denuklirisasi lengkap di semenanjung Korea," kata Trump pada konferensi pers, seperti dikutip Reuters.

Trump mengatakan Kim memiliki "peluang yang tidak seperti yang lain", dan bahwa Kim telah mengatakan tempat pengujian rudal Korea Utara akan dihancurkan dalam waktu dekat.

Trump juga mengatakan akan menghentikan permainan perang, yang tampaknya mengacu pada pada latihan militer. Selain itu, Trump dan Kim telah membahas hak asasi manusia secara singkat.

Tag : korea utara, Donald Trump
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top