Cek 'Cairan' Kendaraan Anda Sebelum Mudik

Berkendara dengan mobil dalam jarak tempuh yang terbilang jauh tentu memerlukan persiapan yang tidak biasa terutama saat berlibur atau mudik ke kampung halaman saat liburan Lebaran. Utamakan cek kendaraan sebelum melakukan perjalanan
Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 | 08 Juni 2018 20:08 WIB
Posko Siaga 24 Jam Toyota di Jalur Mudik Karawang./Bisnis - Oktaviano Donald

Bisnis.com, KARAWANG - Berkendara dengan mobil dalam jarak tempuh yang terbilang jauh tentu memerlukan persiapan yang tidak biasa terutama saat berlibur atau mudik ke kampung halaman saat liburan Lebaran.

Setiap pengendara wajib mempersiapkan kendaraan agar sampai di tujuan sesuai harapan. Lantas apa yang perlu diperiksa untuk memastikan kesiapan atau keadaan mobil dalam kondisi prima?

Mujianto, Kepala Teknisi di Posko Siaga Toyota, Tol Cikampek Rest Area KM 57, mengatakan sebenarnya mobil yang rutin di servis di bengkel resmi lebih siap untuk dikendarai dalam jarak tempuh lebih jauh dari biasanya.

Namun, bila tidak cukup rutin atau bahkan jarang, dia menyarankan kendaraan itu dicek secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan.

"Jadi, seharusnya hanya perlu servis rutin, tidak perlu pas mau liburan saja, tetapi rata-rata banyak yang cek saat mau jalan jauh," ungkapnya kepada Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2018, Jumat (8/6/2018).

Sebelum melakukan pengecekan  di bengkel resmi, Mujianto mengatakan pengendara bisa melakukan pengecekan awal terhadap mobilnya. Pengecekan itu berfokus pada sejumlah cairan yang ada di ruang mesin.

Pengendara wajib memastikan kesesuaian jumlah atau kualitas cairan tersebut sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. "Pengecekan cairan itu sudah pasti wajib. Oli, air radiator, minyak rem, air aki," jelasnya.

Dengan melakukan pengecekan awal itu, sambung dia, mobil sudah cukup siap untuk mengawali perjalanan mudik. Nantinya, kata Mujianto, pengendara bisa mampir atau singgah di sejumlah bengkel resmi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut dan menyeluruh.

Pada Mudik Lebaran 2018, PT Toyota-Astra Motor pun menyediakan sejumlah Posko Siaga Toyota dan Bengkel Siaga Toyota di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

"Untuk awal itu saja [cek cairan]. Kalau pengecekan lebih lengkapnya nanti bisa di bengkel atau poskos Toyota," ungkapnya.

 

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

 

Sumber : tim jelajah

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top