Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Serahkan Empat Tengkorak Bersejarah ke Indonesia

Pemerintah Australia menyerahkan empat tengkorak bersejarah dan bernilai budaya kepada Pemerintah Indonesia yang diwakili Duta Besar Indonesia untuk Australia Kristiarto Soeryo Legowo di Canberra.
Barang bukti tengkorak yang digagalkan penyelundupannya./Bisnis-Dini Hariyanti
Barang bukti tengkorak yang digagalkan penyelundupannya./Bisnis-Dini Hariyanti

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Australia menyerahkan empat tengkorak bersejarah dan bernilai budaya kepada Pemerintah Indonesia yang diwakili Duta Besar Indonesia untuk Australia Kristiarto Soeryo Legowo di Canberra.

Menteri untuk Kesenian Australia, Senator Mitch Fified dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (31/5/2018), menegaskan pentingnya pengembalian kekayaan budaya itu.

"Australia dan Indonesia memiliki pemahaman yang mendalam dan penghormatan yang sama akan budaya dan warisan budaya kedua negara, serta komitmen bersama untuk melindungi dan melestarikannya," ujar Menteri Fified.

Masing-masing tengkorak dengan hiasan tradisional diserahkan dalam satu kotak khusus yang dibuat oleh pakar konservator dari Museum Nasional Australia untuk memastikan keamanan transportasi artefak bersejarah itu.

Tengkorak-tengkorak tersebut berasal dari masyarakat Dayak dan Asmat yang memiliki nilai budaya sangat penting untuk Indonesia.

Menteri Fified menuturkan penyerahan artefak tersebut merupakan bagian dari upaya memerangi perdagangan gelap benda-benda bernilai budaya yang terus menerus dilakukan.

Sementara itu, Duta Besar Legowo menyatakan pengembalian itu menjadi bukti dekatnya hubungan penegakan hukum dan budaya antara Indonesia dan Australia.

"Ada tren global yang terus berkembang dalam penyelundupan dan penjualan benda-benda budaya akhir-akhir ini, pengembalian menjadi pendorong untuk memperkuat kerja sama dalam menjaga kekayaan budaya dan menanggulangi kegiatan-kegiatan gelap semacam itu," kata Dubes Legowo.

Selanjutnya benda-benda budaya itu akan dipulangkan ke tempat asal mereka di Indonesia.

Sejumlah budaya membuat masyarakat Indonesia mengawetkan dan memajang tengkorak di rumah adat atau di tempat keramat serta digunakan dalam upacara adat yang sangat mendetail.

Misalnya masyarakat Asmat dari Papua Barat yang menghiasi tengkorak dengan biji-bijian dan cincin-cincin cangkang kerang laut yang diukir, sementara masyarakat Dayak di Kalimantan menghiasi tengkorak dengan ukiran-ukiran yang rumit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper