Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPOM Bongkar Praktik Pengedar Obat Ilegal Bernilai Rp3,5 Miliar

Badan Pengawas Obat dan Makanan berhasil mengungka sekaligus menyita, pengedar obat ilegal secara online dengan nilai kekonomian sebesar Rp3,5 miliar di Semarang.
Ilustrasi./.boldsky.com
Ilustrasi./.boldsky.com

Bisnis.com, SEMARANG— Badan Pengawas Obat dan Makanan berhasil mengungkap aksi pengedar obat ilegal secara online dan melakukan penyitaan dengan nilai kekonomian sebesar Rp3,5 miliar di Semarang.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan, temuan kasus tersebut berawal dari informasi Balai Besar POM (BBPOM) di Pekanbaru yang menyebutkan adanya penjualan obat ilegal berupa sediaan injeksi melalui online yang berasal dari Semarang. Informasi itu pun lalu dikembangkan menjadi penyelidikan bersama secara lintas intansi di ibukota Jawa Tengah tersebut.

Dari hasil penelusuran, sebuah gudang berkedok agen jasa pengiriman ekspedisi yang berlokasi di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, Kota Semarang disinyalir menjadi sumber peredaran obat ilegal yang dijual secara online tersebut. Hasil penelusuran tersebut membuahkan hasil setelah menggerebek lokasi tersebut pada Senin (28/5/2018)

“Dugaan sementara, praktik distribusi ilegal ini dilakukan dengan modus menjual obat ilegal melalui e-commerce dan media sosial serta didistribusikan melalui jasa pengiriman ke seluruh Indonesia,” ujar Penny saat melakukan peninjauan di gudang obat ilegal tersebut, Kamis (31/5/2018).

Adapun, proses penyedlidikan dan pengungkapan kasus tersebut dilakukan oleh BPOM dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Kepolisian Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Tengah.

Penny menambahkan, pelaku tersebut menjalankan usaha obat ilegal dengan memanfaatkan gudang tersebut sebagai tempat penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang.
Sementara itu dari TKP ditemukan barang bukti kejahatan berbagai jenis obat ilegal yang banyak ditemukan di peredaran antara lain berupa injeksi vitamin C, kolagen, gluthathion, tretinoin, obat-obat pelangsing, sibutramine HCl, serta produk-produk skincare dengan total sejumlah 146 item (127.900 pieces).

Selain itu petugas juga menyita 7 unit handphone dan 5 (lima) unit personal komputer yang digunakan untuk transaksi dan administrasi penjualan serta dokumen dan catatan penjualan.

BPOM RI telah menyita seluruh produk obat ilegal beserta dokumen dan catatan penjualan tersebut. Berdasarkan pemeriksaan sementara terhadap saksi-saksi, PPNS BPOM RI telah menetapkan satu orang tersangka berinisial UA.

“Berdasarkan dokumen yang ditemukan dan keterangan tersangka, usaha dijalankan sejak tahun 2015 dengan omzet Rp400 miliar-Rp500 juta rupiah per bulan. Temuan ini akan ditindaklanjuti BPOM RI melalui proses pro-justitia guna mengungkap aktor intelektual”, ujar Kepala BPOM RI.

Pelaku diduga melanggar Pasal 196 dan 197 Undang-Undang No. 36/2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp1.5 miliar.

Terkait maraknya peredaran obat ilegal, Kepala BPOM RI kembali meminta kepada seluruh pelaku usaha untuk mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Dia juga meminta agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih obat yang akan dikonsumsi. Masyarakat diharakan tidak membeli atau memilih produk obat yang tidak memiliki izin edar.

“Ingat selalu cek KLIK, cek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kedaluwarsa sebelum membeli atau memilih produk obat”, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper