Try Out Atlet Asian Games 2018 Positif, Menpora Optimistis Raih 10 Besar

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi optimistis atlet-atlet Indonesia yang berpartisipasi di Asian Games 2018 bakal menyumbang peringkat 10 besar.
Amanda Kusumawardhani | 28 Mei 2018 13:23 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan pidato arahan pada acara "Global Forum Asian Games 2018, Tahun Olahraga Tahun Politik" di Jakarta, Selasa (15/5/2018). - ANTARA/Widodo S Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi optimistis atlet-atlet Indonesia yang berpartisipasi di Asian Games 2018 bakal menyumbang peringkat 10 besar.

Hal itu dingkapkannya setelah rapat terbatas membahas kesiapan Asian Games 2018 di Kantor Kepresidenan. Dia mengatakan bahwa hasil try out maupun training camp yang dilakukan oleh para atlet Indonesia menunjukkan perkembangan yang signifikan.

“Alhamdulillah hari demi hari dilaksanakan baik, bulan puasa gak libur, tetap melakukan latihan maupun try out. Angka optimistis 10 besar tampak semakin nyata karena beberapa cabang olahraga yang tidak masuk dalam target ternyata bisa memberikan hasil baik, seperti di sepeda, BMX, paralayang, panjat tebing, dan beberapa cabang olahraga [cabor] lain,” ujarnya, Senin (28/5).

Dia menambahkan optimistme dari cabang olahraga baru yang semakin terlihat salah staunya adalah dari olahraga layar sehingga pihaknya berjanji akan terus mengawal perkembangan kondisi cabor-cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

Sesuai dengan yang telah disetujui oleh OCA (Olympic Council of Asia), penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 di Jakarta dan Palembang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang olahraga, yang terdiri dari 28 cabang olahraga Olimpiade, 4 cabang olahraga baru pada Olimpiade dan 8 cabang olahraga non Olimpiade.

Selain itu, dari 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan tersebut, akan terdiri dari 67 disiplin pertandingan, 463 nomor pertandingan dan 2 cabang olahraga eksibishi.

Dari sekitar 40 cabor yang dipertandingkan di Asian Games 2018, setidaknya ada 16 di antaranya bersifat prioritas.

Hal ini dikarenakan 16 cabang olahraga tesebut sudah masuk pada level Asia sedangkan cabang olahraga lainnya masih level di Asia Tenggara.

Adapun 16 cabor prioritas tersebut antara lain bulu tangkis, bela diri, dayung, dan panjat tebing.

Tak hanya itu, dia juga menambahkan pemerintah akan memberikan apresiasi yang lebih besar bagi para atl;et peraih medali emas pada gelaran Asian Games 2018.

Sesuai Keputusan Presiden, setiap atlet berprestasi di Asian Games 2017 bonusnya akan mengalami kenaikan hingga 250% dari tahun sebelumnya.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top