Bingung Libur Lebaran, Mampir Saja ke Kampung Kurcaci

Objek wisata Kampung Kurcaci, Purbalingga, Jawa Tengah, siap menyambut wisatawan saat libur Lebaran 2018 dengan terus melakukan pembenahan.
Newswire | 27 Mei 2018 19:06 WIB
Kabupaten Purbalingga - Istimewa

Bisnis.com, PURBALINGGA: Objek wisata Kampung Kurcaci, Purbalingga, Jawa Tengah, siap menyambut wisatawan saat libur Lebaran 2018 dengan terus melakukan pembenahan.

Pengelola Kampung Kurcaci Hendy Permana mengatakan pembenahan dilakukan dengan menambah spot swafoto baru seperti rumah kurcaci, rumah pohon, dan tempat istirahat di berbagai lokasi.

“Yang dibenahi antara lain lokasi untuk swafoto,” katanya di Purbalingga, Minggu (27/5/2018).

Menurutnya, pembenahan meliputi jembatan bambu menuju lokasi wisata, penambahan rumah kurcaci satu buah sehingga menjadi tiga buah, kemudian pembuatan rumah pohon untuk spot swafoto.

Selain itu, ada juga wahana interaksi dengan kelinci. “Wisatawan yang ingin berfoto dengan baju kurcaci, juga disediakan oleh pengelola,” ujarnya.

Daya tarik wisata tersebut, kata dia, akan semakin memanjakan wisatawan yang hendak berlibur di kaki Gunung Slamet.

“Pembenahan bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang menikmati sejuknya udara di Kampung Kurcaci,” tegasnya.

Tiket masuk selama libur Lebaran 2018 mendatang masih terjangkau yaitu sebesar Rp10.000 per orang.

Berdasarkan pengalaman kunjungan wisatawan, rata-rata banyak yang berlama-lama di Kampung Kurcaci sembari menikmati udara yang segar dan suasana yang santai. Oleh karena itu, pengelola menyiapkan tempat duduk sebanyak mungkin.

Dia menambahkan pihaknya juga menyiapkan kuliner yang siap memanjakan wisatawan yang datang. “Pengunjung bisa menikmati suasana sambil menyantap jajanan hangat sekaligus minuman hangat,” katanya.

Hendy menambahkan pihaknya juga telah membenahi dan menata tempat parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua. “Pada libur Lebaran tahun lalu, jumlah kendaraan yang parkir melebihi yang diperkirakan. Parkir menumpuk,” katanya.

Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan, kata dia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah lokasi parkir baru.

Kampung Kurcaci adalah wisata alam dengan konsep green edutainment. Dengan lokasi berupa kawasan hutan Dammar yang asri, wisata ini menawarkan pesona kesegaran alami khas pegunungan. Destinasi wisata yang relatif baru ini berada di Dusun Brobahan Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Lokasinya adalah lahan hutan Dammar Perhutani Petak 40J RPH Serang, BKPH Gunung Slamet Timur, KPH Banyumas Timur.

Untuk menuju lokasi dari Purwokerto bisa mengambil arah Sokaraja, Kalimanah dan masuk Purbalingga kota dan ambil arah Boborsari melalui perempatan Sirongge ke utara (selanjutnya lihat rute 1 dari Purbalingga).

Sumber: Antara

Tag : mudik lebaran
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top