UN SMP/MTs 2018: Yah,..Pengumuman Hasil Diundur lagi ke Tanggal 28 Mei

Untuk kali ke-2. pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Tahun Ajaran 2018 kembali mengalami pemunduran jadwal dari jadwal semula 25 Mei, mundur menjadi 28 Mei.
Yusran Yunus | 24 Mei 2018 13:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk kali ke-2, pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Tahun Ajaran 2018 kembali mengalami pemunduran jadwal dari jadwal semula 25 Mei, mundur menjadi 28 Mei.

Sebelumnya pihak Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) mengelurkan surat edaran perihal pemunduran jadwal pengumuman dari rencana semula 23 Mei, mundur ke tanggal 25 Mei.

Informasi pemunduran jadwal pengumuman tersebut diperoleh pihak sekolah dari surat edaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Info yang kami terima dari Dinas Pendidikan, tanggal 28 Mei. Siswa cukup tunggu di rumah masing-masing karena hasil akan dikirimkan ke rumah," kata seorang guru SMP Negeri 41 Ragunan Jakarta Selatan yang dihubungi Bisnis, Kamis (24/5/2018).

Chandra, pegawai Tata Usaha SMP Negeri 56 Cilandak Timur Jakarta Selatan, mengungkapkan hal senada. "Pengumumannya 28 Mei, kira-kira jam 14.00 WIB," katanya.

Pengumuman penundaan pengumuman hasil UN SMP/MTs 2018 tersebut disampaikan secara luas oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam suratnya yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di seluruh Indonesia.


Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua BSNP Bambang Suryadi, Ph.D dan Sekretaris BSNP Dr.Ir.Kiki Yuliati, M.Sc tertanggal 17 Mei 2018, disampaikan perihal perubahan waktu penyerahan dan pengumuman hasil UN SMP/MTs dengan menekankan pada 2 poin penting yakni:

  • Penyerahan hasil UN SMP/MTs dari Panitia Tingkat Pusat ke Panitia Tingkat Provinsi dari tanggal 18 Mei 2018 menjadi tanggal 22 Mei 2018.
  • Pengumuman hasil UN di satuan pendidikan dari tanggal 23 Mei 2018 menjadi tanggal 25 Mei 2018.


Pihak BSNP meminta kepada para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama se-Indonesia, untuk meneruskan informasi tersebut kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, untuk kemudian disampaikan kepada satuan pendidikan di wilayah masing-masing.

Tag : ujian nasional
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top