Hasil UN SMP/MTs 2018 Batal Diumumkan Hari ini. Berikut Penjelasan Kemendikbud

Kalau mengikuti jadwal semula, pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) seharusnya dilakukan pada hari ini, Rabu (23/5/2018).
Yusran Yunus | 23 Mei 2018 11:30 WIB
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sesuai jadwal awal, pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) seharusnya dilakukan pada hari ini, Rabu (23/5/2018). Namun, pengumumannya dibatalkan dan diundur hingga pada Jumat, 25 Mei 2018.

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejauh ini tidak menjelaskan alasan pengunduran jadwal pengumuman tersebut karena kewenangannya ada pada Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP).

"Kami tidak diberi info tentang alasan pengundurannya. Hanya diberikan surat dari BNSP," kata Humas Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan, Lian yang dihubungi Bisnis melalui WhatsApp.

Pengumuman penundaan pengumuman hasil UN SMP/MTS 2019 tersebut disampaikan secara luas oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam suratnya yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di seluruh Indonesia.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua BSNP Bambang Suryadi, Ph.D dan Sekretaris BSNP Dr.Ir.Kiki Yuliati, M.Sc tertanggal 17 Mei 2018, disampaikan perihal perubahan waktu penyerahan dan pengumuman hasil UN SMP/MTs dengan menekankan pada 2 poin penting yakni:

1.Penyerahan hasil UN SMP/MTs dari Panitia Tingkat Pusat ke Panitia Tingkat Provinsi dari tanggal 18 Mei 2018 menjadi tanggal 22 Mei 2018.
2.Pengumuman hasil UN di satuan pendidikan dari tanggal 23 Mei 2018 menjadi tanggal 25 Mei 2018.

Pihak BSNP meminta kepada para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama se-Indonesia, untuk meneruskan informasi tersebut kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, untuk kemudian disampaikan kepada satuan pendidikan di wilayah masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
un smp

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top